419 Sabtu, 14 Maret 2015 | 12:48:02

Cara Mencegah Rumah Bocor Saat Hujan

cara-mencegah-rumah-bocor-saat-hujanIlustrasi

Rumah bocor pada saat hujan sangat mengganggu kenyamanan dan juga mengancam keselamatan penghuni rumah, karena bisa saja dengan kebocoran yang terus menerus membuat atap rumah anda lapuk dan membahayakan anggota keluarga yang tinggal didalamnya.

Sebelum semua itu  terjadi, ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan agar tidak mengalami kebocoran pada saat  hujan yaitu :

 

  1. Memperhitungkan kemiringan atap pada saat anda membangun rumah, hal tersebut harus dilakukan karena jika tingkat kemiringan tidak sesuai dengan yang seharusnya akan menyebabkan rumah anda mengalami kebocoran. Tingkat kemiringan pada umumnya yaitu 30-40 derajat. Selain itu anda juga harus mengurangi sambungan pada atap, karena potensi kebocoran akan semakin tinggi jika banyak sambungan disana.
  2. Jika terjadi retak atau jarak pada atap rumah, maka anda harus segera memperbaikinya. Karena jika dibiarkan air hujan akan masuk kedalam rumah anda melalui celah tersebut. jika itu terjadi maka plafon dirumah anda akan mudah lapuk dan dapat membahayakan keselamatan anda dengan keluarga.
  3. Perbaiki segera jika rumah anda rembes, karena dinding rumah anda akan menjadi korban rembesan tersebut yang disebabkan oleh talang air yang dipasang tidak sesuai. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan mengakibatkan dinding anda rusak dan membuat warna pada dinding anda pudar.
  4. Perhatikan pintu dan jendela yang ada dirumah anda, karena bisa saja air hujan masuk dari sana. Untuk mengatasi solusi ini pasanglah kanopi atau asbes diluarnya, untuk menghindari air hujan masuk kedalam rumah.
  5. Setelah itu anda juga harus melakukan persiapan lain, yaitu anda harus memperhatikan lampu dan kabel disekitar rumah anda, jangan sampai terjadi konslet pada aliran listrik rumah anda. Jika itu terjadi maka akan membahayakan anda dengan keluarga.

Demikianlah langkah- langkah yang dapat anda lakukan sebelum rumah anda mengalami kebocoran. Karena lebih baik sedia payung sebelum hujan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat anda terapkan pada rumah bocor anda.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel