265 Kamis, 26 Februari 2015 | 04:22:25

Kuku Sehat dan Cantik Alami

kuku-sehat-dan-cantik-alamiseputarpenuandini

Jika kita mengartikan kuku dari sisi  dunia medis, kuku tangan memiliki fungsi yang teramat penting  yakni sebagai deteksi dini terhadap kondisi kesehatan pada diri seseorang. Pada saat  seseorang menderita sebuah penyakit, maka menurut ilmu menis bisa jadi gejala yang timbul ber awal dari  terdeteksinya  kuku tangan si penderita.

Bicara mengenai kuku sudah pasti tak akan lepas dari wanita dan perawaan tubuh karena keduanya adalah suatu hal yang tak dapat  dipisahkan. Sudah menjadi kebiasaan rutin bagi kaum wanita untuk melakukan perawatan tubuh dari ujug kaki hingga kehelai rambut.

Pada dasarnya untuk merawat kuku sehat itu mudah , namun untuk mengetahui kuku sehat ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri kuku.
 
Perlu Anda ketahui bahwa kuku Anda terdiri dari lapisan-lapisan protein yang disebut keratin. Lapisan-lapisan tersebut berada di daerah dasar kuku di bawah kutikula. Sama halnya dengan  sel-sel baru yang tumbuh, sel tua menjadi keras dan padat sehingga akhirnya akan terdorong ke arah ujung jari.

Untuk mengertahu kuku sehat dan normal, cukup terlihat dari pandangan Anda. Kuku dapat dikatakan sehat jika memiliki  permukaan yang halus, tanpa ada alur, lekukan, ataupun goresan. Di samping itu kuku yang sehat juga harus bebas dari bintik-bintik dan perubahan warna.

Akan tetapi kondisi ideal iu dapat tercapai. Jika  ada beberapa perubahan kondisi kuku, dalam jangka waktu 1 minggu sebaiknya Anda harus  mengkonsultasikannya  ke dokter Anda.

Dan adapun ciri-ciri kuku yang  tidak normal itu biasanya  berwarna kuning pemisahan kuku dari dasarnya (onycholysis), lekukan diseluruh bagian, terdapat lubang dan berwarna buram atau pucat.

Beberapa hal untuk marawat kebersihan dan keindahan kuku yaitu?

Pertama, jangan gunakan kuku untuk mengorek, menggaruk, atau gerakan apapun yang kelewat keras.

Kedua, lakukan secara rutin menggunting kuku, perhatikan pada saat menggunting jangan kelewat pendek dan bentuklah persegi atau  bundar di bagian atasnya.

Ketiga,  jangan lupa bersihkan bagian bawah kuku secara teratur agar terbebas dari kotoran dan lakukan secara rutin setelah mandi, atau  rendam kuku tangan dan kaki dalam air hangat.

Keempat, agar disekitar kuku tidak lembab gunakan pelembab tangan atau body lotion.

Kelima, jangan melakukan  kebiasaan menggigit-gigit kuku. Karena  dapat melukai kuku dan kebiasaan ini dapat menjadi sarana masuknya bakteri atau jamur ke dalam mulut Anda.

Keenam,  agar kuku kaki Anda dapat tumbuh maka sebaiknya gunakan sepatu dengan ukuran dan tekanan yang benar dengan begitu Anda dapat lebih nyaman untuk berjalan.

Ketujuh, jika Anda suka memakai cat kuku, hapus cat kuku paling lambat seminggu sekali, gunakan nail polisher, agar kuku bebas cat selama sehari, dan siap untuk dihias lagi.

Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami didalam menjaga keindahan kuku Anda seperti, jeruk lemon, bawang putih, kulit semangka dan belimbing wuluh. Caranya cukup simple Anda cukup menggosok pada kuku Anda.


Semoga bermanfaat,

 

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel