302 Selasa, 24 Februari 2015 | 04:26:17

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Awet

cara-menyimpan-makanan-di-kulkas-agar-awetmerdeka

Kulkas adalah tempat menyimpan berbagai makanan dan bahan makanan. Macam-macam jenis makanan dengan bahan dan aroma yang berbeda sering kali  kita campur dalam satu tempat.
Saat ini hampir semua orang memiliki kulkas. Lemari es atau kulkas  adalah perabotan rumah tangga yang mempunyai peranan sangat penting dalam  kehidupan sehari-hari.

Namun tahukah Anda bahwa jika menyimpan makanan yang kurang tepat bisa mengakibatkan datangnya bakteri yang berpotensi mengganggu kesehatan bagi diri Anda dan keluarga?
Sebaiknya sebelum Anda menyimpan makanan ada baiknya Anda mengenali dulu bahan makanan yang akan di simpan. Hal ini adalah point  yang paling penting dalam penyimpanan makanan di kulkas karena  setiap makanan atau bahan makanan memiliki sifat yang berbeda-beda sehingga dalam  penyimpanannya juga  berbeda.

Setelah Anda mengenali sifat makanan dan bahan makanan yang akan di simpan dalam kulkas barulah kita memasuki  langkah selanjutnya  untuk  mencegah terjadinya bakteri pada makanan yang disimpan di dalam kulkas.

Yang harus di perhatikan di dalam menyimpan makanan di Kulkas adalah:

1. Suhu kulkas minimal 5 derajat Celsius atau di bawahnya, agar  bakteri yang ada tidak mudah berkembang biak.

2. Perhatikan kelembaban yang ada di rak khususnya untuk sayuran agar sayuran selalu tetap segar.

3. Sebaiknya jika ingin menyimpan makanan sisa simpanlah dengan menggunakan wadah yang bertutup ketat dan transparan agar lebih mudah diingat. Jika perlu beri label sesuai dengan tanggal penyimpanan, ingat batas waktu penyimpanan jangan lebih dari empat hari.

4. Jangan menggabungkan  sayuran, buah-buahan, dan daging di dalam satu rak yang sama. Hal ini bernahaya jika Anda melakukannya maka gas dalam sayuran dapat menyebabkan bahan makanan yang lain lebih cepat membusuk.

5. Meskipun rak di pintu kulkas dibuat untuk menampung minuman kemasan seperti susu, namun alangkah baiknya  di simpan dibagian  tengah. Karena , suhu di pintu kulkas  mudah berubah karena sering dibuka-tutup.

6. Jika ingin menyimpan daging atau seafood sebaiknya jangan biarkan dalam kemasan plastik,  sebaiknya alasi juga dengan wadah  agar  tetesannya tidak bercampur dengan  bahan makanan lain.

7. Jangan mengisi kulkas terlalu penuh karena  akan membuat suhu lebih hangat sehingga bahan makanan cepat membusuk.

Demikian tips cara penyimpanan makanan dalam kulkas, semoga manfaat.

Dari berbagai sumber

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel