303 Sabtu, 07 Februari 2015 | 03:34:43

Tips Mengatasi Masalah Pada Saluran Air

tips-mengatasi-masalah-pada-saluran-airCiputranews

Peranan saluran air pada setiap bangunan sangatlah penting, terutama pada bangunan yang dijadikan sebagai tempat tinggal. Dimana setiap hari kita melakukan aktifitas disana. “Apa yang akan terjadi jika saluran air yang ada di rumah kita tersumbat?”, tentu akan menimbulkan masalah yang cukup mengganggu aktifitas kita sehari- hari dan dapat menimbulkan masalah yang serius bagi kesehatan penghuni rumah tersebut dan sekitarnya.

 

Kurangnya kesadaran akan pemeliharaan lingkungan, menyebabkan banyak masalah terhadap kerusakan lingkungan salah satu nya pada saluran air. Karena saat ini peranan saluran air bukan hanya sekedar tempat untuk mengalirnya air yang berasal dari proses rumah tangga, akan tetapi sudah di jadikan bak sampah oleh orang- orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Ada beberapa kasus yang menyebabkan tersumbatnya saluran air pada rumah kita, diantaranya adalah :

 

  • Air menggenang dan bisa mengalir perlahan- lahan, penyebab hal ini biasanya karena adanya sampah yang menghambat jalannya air pada saluran air.
  • Air menggenang dan tidak bisa mengalir sama sekali, penyebab hal ini biasanya karena terdapat sampah- sampah yang bentuknya padat dan besar sehingga menutup saluran air.

 

Dari kasus diatas, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan cara :

 

  1. Menggunakan Soda Api

 

Untuk mengatasi saluran air yang tersumbat sebagian dan masih bisa mengalir, menggunakan soda api adalah hal yang dapat dilakukan. Karena soda api bersifat basah dan dapat menghancurkan sampah- sampah pada saluran air. Soda api dapat digunakan dengan cara : tuangkan soda api pada saluran air yang tersumbat (gunakan sarung tangan sebelum menyentuh soda api), siram dengan air secara terus- menerus dengan perlahan pada saluran air yang telah dituangkan soda api hingga saluran air lancar kembali, dan selama proses perbaikan saluran air jangan digunakan terlebih dahulu agar hasilnya dapat maximal.

Soda api ini dapat dibeli di toko bangunan, dengan harga yang berbeda- beda sesuai ukurannya.

 

  1. Menyewa Jasa Sedot WC/ Saluran Air

 

Untuk saluran air yang tersumbat parah dan tidak bisa mengalir sedikitpun, ada baiknya segera menggunakan jasa sedot wc/ saluran air untuk mengatasi masalah ini. Karna jika semakin lama dibiarkan tersumbat, bisa menyebabkan gangguan kesehatan karena adanya genangan air.

 

Sumber : Arafuru

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel