297 Jum'at, 12 Desember 2014 | 05:32:18

Rumah Minimalis yang Ramah Lingkungan

rumah-minimalis-yang-ramah-lingkunganinfoterkenal

Hidup di kota besar akan menghadapi berbagai macam masalah diantaranya tempat tinggal atau rumah. Setiap orang pasti menginginkan tempat tinggal yang  sejuk dan nyaman.

Mungkin untuk orang yang tinggal di kawasan elite masih dapat menikmati konsep rumah ramah akan lingkungan, namun bagai  dengan mereka yang hanya mampu membeli rumah kecil dan dikawasan yang tidak mendukung adanya program ramah lingkungan?

Di sini yang perlu Anda pahami mengenai rumah kecil adalah rumah kecil pastilah membutuhkan perhatian khusus untuk menempatkan barang-barang, rumah yang ramah lingkungan bukan berarti harus mengganggu kerapian dan keindahan rumah minimalis Anda.

Untuk mewujudkan rumah yang menjadi impian Anda yaitu rumah minimalis yang ramah akan lingkungan, ikutilah tips berikut ini:

Pertama, pastikan barang yang Anda gunakan adalah barang  yang dapat menghemat listrik. Karena penggunaan barang yang menggunakan energy listrik, yang di ciptakan dengan sumber daya batu bara dan air adalah tindakan yang dapat merusak lingkungan. Gunakanlah listrik sehemat mungkin, misalnya: matikan lampu pada waktu siang hari, gunakan peralatan yang menggunakan energy listrik seperlunya, matikan AC pada saat orang tidak ada di rumah, buatlah bak atau penampungan air yang cukup besar agar anda tidak perlu menyalakan pompa setiap kali ingin menggunakan air.

Kedua, kita ketahui bahwa saat ini cadangan air bersih di dalam tanah semakin menipis, oleh karena itu berhematlah dalam penggunaan air. Sebaiknya pada saat mencuci atau mandi gunakanlah air seperlunya saja serta pilihlah toilet yang paling sedikit membutuhkan air.

Ketiga, Siapkan tempat sampah pada rumah Anda. Pisahkanlah antara sampah organic dengan sampah nonorganik. Pemisahan ini gunanya untuk mempermudah dalam pemilihan jenis sampah, seperti yang kita ketahui banyak sampah nonorganik dapat di daur ulang. Anda dapat membuat kerajinan atau mencurahkan kreativitas Anda dengan menggunakan sampah non organik ini misalnya, plastik, kardus, kaleng, dsb.

Keempat, untuk menambah suasana sejuk dirumah Anda, Anda dapat menempatkan tanaman-tanaman dirumah Anda. Hal ini juga bertujuan untuk lebih menghemat pemakaian AC. Jika di rumah Anda sudah tak ada lagi sisa lahan kosong untuk menanami tanaman, Anda dapat menggunakan pot sebagai wadah untuk menanam tanaman Anda. Pilihlah Bentuk pot yang agak tinggi, pot yang agak tinggi  akan membuat kesan ruangan menjadi lebih luas. Anda dapat meletakkan  pot-pot kecil pada sebuah rak,  tanamanlah tumbuhan hijau yang berukuran  kecil. Lebih banyak Anda meletakkan tumbuhan hijau  di setiap ruangan, maka rumah Anda akan lebih terasa segar, sejuk dan nyaman. Anda juga dapat memanfaatkan tembok luar rumah untuk menggantung pot-pot berisi tanaman.

Meskipun dirumah,  Anda hanya memiliki lahan sempit, atau bahkan hampir tak memiliki lahan sisa, dengan tips diatas ,Anda dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk dan nyaman dirumah Anda. Demikianlah langkah kecil yang dapat membuat rumah Anda menjadi rumah minimalis yang ramah akan lingkungan. Semoga manfaat…

 

 Sumber : Bang Juju

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel