284 Jum'at, 07 November 2014 | 07:26:19

Merawat dan Menyimpan Sapu Sesuai Jenisnya

merawat-dan-menyimpan-sapu-sesuai-jenisnyadreamstime

Kebersihan rumah adalah hal yang sangat utama, tempat tinggal yang bersih akan menciptakan rasa nyaman bagi penghuninya. Sapu yang merupakan salah satu alat kebersihan diruamh harus dimiliki oleh setiap rumah, agar tiap sudut rumah bebas dari kotoran dan debu. Oleh sebab itu kondisi sapu juga btutuh perhatian agar dapat optimal pada saat digunakan, berikut tips merawat sapu yang dapat anda simak.

Jenis Sapu

Sapu terdiri dari dua jenis yaitu sapu ijuk dan sapu lidi. Untuk sapu ijuk umumnya digunakan untuk membersihkan lantai dalam rumah. Sapu ijuk terbuat dari bermacam-macam jenis, ada yang terbuat dari serabut kelapa ada juga yang terbuat dari plastik dan yang lainnya. Cara perawatannya ,mudah cukup direndan dengan diterjen lalu injak-injak menggunakan kaki , setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan di angin-anginkan atau di jemur.

Sapu lidi merupakan sapu yang biasanya dipakai untuk membersihkan ranjang tidur anda atau menyapu bagian luar rumah yang dikenal dengan istilah “mengkosrek”. Sapu jenis ini terbuat dari batang daun kelapa yang dibuang dainnya. Umumnya sapu ada yang dilengkapi gagang ataupun tidak. Cara perawatannya mudah, cukup disiram dengan air yang diberi campuran diterjen lalu sapukan pada bagian ubin rumah yang bersih. Setelah itu bilas dengan air bersih. Apabila ada batang lidi yang tercecer kembalikan pada ikatannya, dan kencangkan ikatan sapu.

Jenis sapu yang ketiga adalah sapu langi-langit. Biasanya sapu jenis ini difungsikan untuk membersihkan bagian atas rumah atau langit-langit rumha. Cara perawatannya serupa dengan cara merawat sapu ijuk.

Cara Menyimpan Sapu

Sapu di letakkan sesuai dengan bentuk dan fungsinya, dan diletakkan pada tempat yang bersih. Umumnya sapu ijuk diletakkan bersamaan dengan pengki dan berada di sebelah tempat sampah kering. Hal tersebut agar tidak kesulitan ketika akan menggunakan sapu peserta kawanannya.

Untuk sapu lidi diletakkan pada bagian luar rumah jika sapu lidi memang khusus digunakan untuk membersihakan halaman, namun untuk sapu lidi ranjang letakkan tidak jauh dari ranjang anda, namun jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Sapu Langit-langit alangkah baiknya jika dibuatkan gantungan khusus agar tidak merusak sapu, dan baiknya letakkan di belakang rumah namun dalam ruangan tertutup.

Sumber : dskon

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel