5284 Selasa, 21 Oktober 2014 | 06:19:16

Cara Mudah Merawat Ikan Cupang Hias Anda

cara-mudah-merawat-ikan-cupang-hias-andablogspot : ikancupangxu

Memelihara ikan Cupang Hias di rumah anda memang memberikan pemandangan yang menenangkan, selain indah cupang-cupang hias tersebut juga memberikan nuansa berbeda pada rumah. Namun dalam memeliharanya harus dilakukan secara cermat agar kondisi ikan tetap indah dan sehat.

Bagi anda yang berniat memelihara ikan cupang hias, sebelumnya anda dapat menyimak tips berikut agar mengetahui bagaimana merawat cupang-cupang indah tersebut.

Pemberian makanan

Cupang hias dapat diberi pakan alami semacam jentik nyamuk, kutu air, cacing sutra, dan juga infusoria. Pemberian pakannya hanya 2 kali sehari, biasanya pada pukul 06.00 dan pukul 16.00 dengan jumlah secukupnya dan teratur.

Jika terlalu banyak memberikan makanan tidaklah bagus, sebab akan berpengaruh pada kebersihan air. Untuk pemberian makanan jentik nyamuk dan cacing sutera sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu agar bibit penyakit yang menempel pada makanan tidak turut termakan oleh ikan cupang anda.

Penggantian Air

Kondisi air sehat dan bersih sangatlah penting bagi ikan cupang hias, anda dapat mengganti air setiap hari atau 3 hari sekali dalam jumlah 50 % saja, sebab semakin sering diganti maka kondisi kebersihan air makin terjaga. Namun dalam seminggu sekali anda harus mengganti keseluruhan air, jangan lupa cuci bersih wadah ikan agar kuman yang ada mati. Air kotor yang disebabkan oleh sisa pakan dan juga kotoran cupang dapat menimbulkan berbagai penyakit cupang, seperti Velvet, berak putih, dan white spot.

Penyakit Velvet adalah penyakit yang membuat sirip ikan cupang menguncup dikarenakan parasit saproglenia. Cara mengobatinya beri obat anti bakteri dengan takaran 2 tetes obat untuk 4 liter air kedlaam wadah lalu masukkan garam dapur, lalu masukkan cupang dan diamkan 10 menit lamanya. Setelah itu angkat ikan dan pindahkan ke wadah lainnya dengan air yang bersih.

Untuk penyakit berak putih yang disebabkan oleh cacing ascaris sp, meskipun tidak menyebabkan kematian namun dapat merusak warna dan tampilan ikan. Cara penyembuhannya, letakkan ikan pada wadah yang di beri obat cacing worm dengan takaran 1 tetes obat untuk 5 liter air, dan lakukan selama 1 pekan hingga sembuh.

Sedangkan untuk penyakit White Spot dapat terlihat dengan adanya bercak putih pada seluruh tubuh ikan cupang yang disebabkan oleh bakteri. Pengobatannya campur 4 tetes anti bakteri dengan 4 liter air lalau biarkan ikan di air tersebut. Untuk lebih mudahnya anda dapat menggunakan 2 hingga 3 sendok the garam dapur yang dicampur dengan 1 liter air, lalu cukup celupka ikan kedalam larutan tersebut tanpa harus berlama-lama direndam dalam air garam.

Melatih Mental

Agar mental ikan cupang hias anda berani meskipun berhadapan dengan ikan cupang lain, biasakan 1 jam setelah di beri makan anda latih mentalnya. Jemur di jam 07.00 atau jam 08.00 selama 1,5 jam. Tidak lupa letakkan cermin pada sisi wadah beberapa saat hingga ikan terlihat bertenaga, setelah itu angkat cermin.

Menarik dan mudah bukan, selamat mecoba pecinta ikan cupang…

Sumber : nurzufar

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel