425 Jum'at, 03 Oktober 2014 | 06:38:06

Jangan Khawatir Jika Papan Gypsum Bermasalah

jangan-khawatir-jika-papan-gypsum-bermasalahkompasiana

Papan gypsum biasa dipakai untuk dinding, partisi ruangan, atau penutup dinding, dalam penggunaannya papan gypsmum rentan sekali dengan berbagai kerusakan sehingga perlu adanya perbaikan. Untuk memperbaiki papan gypsum dasarnya adalah memastikan papan gypsum menyatu dengan dinding gypsum yang berada di sekitarnya.

Untuk setiap perbaikan, dibutuhkan cara perawatan sendiri-sendiri sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada papan gypsum anda, berikut kerusakan pada gypsum dan cara perbaikannya.

Papan Gypsum yang Penyok

Perbaikan pada papan gypsum yang penyok cukup mudah. Dilihat dari seberapa parah penyoknya. Pertama yang harus anda lakukan dalam memperbaiki gypsum yang penyok adalah dengan mengisi derah yang penyok menggunakan join compound.

Setelah itu biarkan sampai compound mengering, setelah kering oleskan lagi compound sebagai lapisan kedua, terus lakukan lapisandemi lapisan hingga ke lapisan akhir, sampai penyok pada gypsum tidak terlihat lagi. Setelah itu ampelas halus hingga terlihat padat menyerupai permukaan gypsum yang tidak rusak, lalu cat dengan warna serupa.

Papan Gypsum Berlubang

Untuk papan gypsum berlubang, perbaikannya pun sesuaikan dengan besar, kecilnya lubang pada gypsum.

•    Jika lubangnya kecil,pastikan lubang bersih, sikat bersih lubang dan buang partikel yang berasal dari lubang. Setelh bersih lembapkan lubang. Plester dibutuhkan untuk menambal, atau anda dapat menggunakan compound berjenis lain. Gunakan pisau dempul untuk mengisi gypsum dengan compound pilihan. Setelah kering segera amplas permukaan gypsum yang ditambal, sekali lagi pastikan permukaannya rata.

•    Untuk lubang besar perbaikannya sedikit sulit. Langkah pertama potong agak dalam pada bagian dinding gypsum yang harus diperbaiki menggunakan pisau khusus. Lalu bongkar potongan dengan prybar. Hati-hati ketika memindahkan atau mengangkat papan gypsum yang baru. Jika dibalik dinding gypsum terdspat instalasi listrik, matikan terlebih dahulu aliran listriknya agar terhindar dari konsleting.

Lapisi bagian gypsum yang telah dipotong mengguanak potongan gypsum yang baru untuk menutupi area yang berlubang, berikan compound pada tepian gypsum penambal juga pada pembatas lapisan. Setelah itu tekan gypsum penambal, ratakan dengan area sekitar biarkan hingga menegering, setelah itu amplas gypsum agar tidak tampak tambalannya dan rapi. Terakhir cat gypsum agar tampil lebih menarik.

Dengan alat yang seadanya dan sedikit pengetahuan, kini anda tidak perlu risau jika gypsum di rumah anda mengalami kerusakan.

Sumber : plafond partisi gypsum

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel