79 Kamis, 11 September 2014 | 05:42:08

Tips Dapur Sehat dengan 5 Langkah.

tips-dapur-sehat-dengan-5-langkahintips rumah

Menyantap makanan yang nikmat, bersih, dan sehat sungguh sangat menyenangkan. Namun untuk mendapatkan itu semua terkadang ada hal penting yang justru kurang kita perhatikan. Hal itu adalah tempat dimana kita melakukan kegiatan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan di konsumsi seisi rumah yaitu Dapur.

Perlu diketahui, makanan yang tersisa di dapur akan menjadi sarang penyakit dan sumber limbah terbesar di rumah, oleh sebab itu kita harus menrawat dapur kita agar terhindar dari hal tersebut diatas. Berikut tips yang dapat di lakukan untuk memiliki dapur sehat :

1.    Kebersihan di dapur.
Ketika kegiatan memasak berakhir, pastikan kondisi dapur dalam keadaan bersih. Segeralah bersihkan dapur karena kotoran bekas makanan, Tumpahan Kuah dan percikan makanan akan menjadi sumber bakteri penyakit. Sampah yang ada di dapur juga lekas di buang. Minimal setiap hari. Jangan di tunda hingga keesokan harinya karena akan berjamur dan menimbulkan bau tak sedap.
2.    Sediakan Lap Kering.
Ketika memasak sering terdapat percikan minyak, tumpahan air atau cairan lainnya, dengan adanya lap yang tersedia maka hal tersebut dapat segera di bersihkan dan di keringkan. Jika dapur sehat, santap keluargapun akan sehat.

3.    Cukup Cahaya.
a.    Cahaya Lampu: Gunakan lampu dengan pencahayaan yang baik untuk menghindari kesulitan memasak pada malam hari. Selain itu kita juga dapat melihat dengan jelas warna makanan, dan memasak dengan pencahayaan yang baik maka kesehatan mata kita tetap terpelihara.
b.    Cahaya Matahari: Dapur sehat sudah tentu terjamah sinar matahari. Agar cahaya matahari dapat masuk pastikan dapur memiliki jendela kecil. Selain sebagai sumber cahaya yang cukup di siang hari, bakteri penyakit dapat terbunuh dengan cahaya matahari.

4.    Sirkulasi Udara
Kegiatan memasak sudah tentu menghasilkan asap dan aroma, agar buangan asap tidak menyebar keruangan lain dalam rumah pastikan dapur memiliki ventilasi udara yang baik. Cerobong asap yang di buat persis di atas kompor merupakan solusi yang baik agar terhindar dari rasa sesak saat memasak.

5.    Tanaman.
Pada siang hari tanaman akan menghasilkan oksigen, maka agar udara dapur terasa lebih sejuk alangkah baiknya bila di sudut dapur kita taruh tanaman kecil dengan pot. Pandangan mata kita pun akan turut segar.

Sumber : evoucher

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel