247 Jum'at, 05 September 2014 | 04:05:37

Tips Memelihara Kompas Gas

tips-memelihara-kompas-gastwicsy

Kompor gas kini telah menjadi alat masak yang lazim ada di setiap dapur keluarga Indonesia. Memang banyak keunggulan yang diperoleh dengan memakai kompor gas, contohnya bentuknya lebih sederhana, lebih mudah dipakai, serta lebih bersih dengan api yang berwarna biru. Karena kompor gas memiliki banyak keunggulan, bukan berarti kita bisa mengabaikan perawatannya. Untuk itu sebaiknya Anda melakukan beberapa cara perawatan agar kompor gas Anda awet.

1. Pastikan selang kompor gas jauh dari permukaan panas, seluruh bagian selang dalam keadaan baik, tidak terdapat retak dan tidak ada yang tertekuk. Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran gas dari selang.

2. Pastikan regulator terpasang dengan benar secara berkala. Karena kesalahan pada pemasangan regulator akan mengakibatkan keluarnya gas dari tabung dan meningkatkan resiko tabung gas meledak.

3. Bersihkan secara rutin tungku keluarnya api pada kompor gas. Hal ini diperlukan untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat karena dapat membuat api kompor gas kemerahan. Cara membersihkannya yaitu dengan menusuk-nusuk lubang kompor menggunakan jarum atau sikat kawat.

4. Selalu bersihkan badan kompor setelah memasak. Kotoran bekas masakan saat menempel pada kompor gas bila tidak langsung dibersihkan akan menjadi kerak dan sulit dibersihkan. Cara membersihkannya sangat mudah, cukup dengan mengelap kompor gas dengan lap basah sampai kotorannya terangkat.

5. Cucilah setiap bagian kompor yang dilapisi pernekel atau krom. Caranya yaitu memakai air hangat yang dicampur dengan sabun. Sementara untuk membersihkan tungku pada kompor gas caranya yaitu dengan melepaskan seluruh bagian tungku, lap seluruh komponen dengan lap basah, sedangkan untuk bagian yang bergerigi atau sulit dijangkau, Anda dapat memakai sikat gigi bekas.

6. Saat membeli kompor gas, pilihlah yang bagian atasnya memiliki lapisan anti karat, rata, dan tidak berlubang, ini bertujuan agar mudah dalam proses pembersihan.

Dengan memelihara kompor gas dengan baik dan benar, maka Anda akan mendapat keuntungan yaitu awetnya kompor gas, dan api selalu menyala dengan warna biru.

 

 

Sumber: kapsulpintar

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel