695 Kamis, 04 September 2014 | 03:45:08

Cara Merawat dan Membersihkan Oven

cara-merawat-dan-membersihkan-ovenunold

Oven adalah sebuah alat yang memiliki ruang serta dapat digunakan untuk memanggang, memasak, memanaskan, dan mengeringkan sesuatu khususnya makanan. Jenis makanan yang dapat dimasak dengan oven sangat banyak dan tidak terbatas misalnya daging, kue, roti maupun bahan olahan yang lain. Pemakaian oven sangat mudah dan kini di pasaran tersedia beragam jenis oven, dari jenis oven sederhana hingga oven yang memiliki banyak fungsi pemanasan. Tetapi untuk pemakaiannya sendiri tentu harus tepat. Jadi dibutuhkan cara perawatan yang benar pula.

Proses merawat dan membersihkan oven baik oven tangkring, oven gas, oven listrik maupun oven microwave hampir sama. Cara membersihkannya tidaklah terlalu sulit, kita dapat memakai baking soda atau garam dan cuka. Baking soda bermanfaat untuk membersihkan alat dapur yang berbahan stainles dan salah satunya adalah oven. Campur baking soda dengan air dan aduk sampai menjadi pasta. Olesi seluruh bagian oven dengan pasta tersebut dan diamkan untuk beberapa saat, lalu bersihkan dengan spons hangat dan keringkan. Sementara untuk membersihkan dengan garam dan cuka, cukup kita masukan kedalam botol penyemprot kemudian semprotkan ke semua bagian oven dan lap dengan air bersih.

Untuk proses perawatan ataupun pemakaian, ada beberapa langkah yang harus kita perhatikan :

1. Setelah memakai oven, bukalah pintunya untuk beberapa saat. Hindari langsung mengelap oven dalam keadaan panas karena berbahaya bagi kita dan akan menyebabkan masalah pada oven misalnya timbul goresan atau membuat kaca rusak.

2. Sisa dari masakan kue maupun bahan minyak mungkin akan menyebabkan oven bau dan kotor. Semprot dengan garam dan cuka lalu panaskan oven selama beberapa menit supaya masakan dan kerak yang mengering mudah dihilangkan.

3. Hubungi pihak service jika pemanasan dalam oven jadi lebih lambat, hal ini disebabkan oleh semakin menipisnya busa peredam panas di dalam oven yang membuat suhu di dalam oven cepat panas.

 

 

Sumber: mesinraya

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel