432 Rabu, 03 September 2014 | 03:44:23

Cara Memelihara Pisau Dapur Agar Tetap Tajam dan Awet

cara-memelihara-pisau-dapur-agar-tetap-tajam-dan-awetvemale

Pisau dapur adalah alat yang tidak bisa dipisahkan dari dapur. Alat yang berhubungan langsung dengan bahan makanan itu perlu diperhatikan keawetannya dengan perawatan yang benar. Pisau yang awet akan tetap tajam dan tidak cepat rusak. Yuk simak cara-cara untuk merawat pisau dapur agar tetap awet dan tidak mudah rusak!

1. Jangan memotong benda yang keras. Memotong benda keras akan menyebabkan pisau menjadi bengkok atau menimbulkan cacat pada mata pisau. Cacat pada mata pisau akan mengakibatkan pemotongan bahan makanan tidak sempurna. Selain itu, pisau akan menjadi tumpul dan sulit dipakai memotong bahan makanan.

2. Mencuci pisau dengan segera. Ini harus segera dilakukan, terutama waktu memotong bahan makanan yang mengandung asam. Hal ini bertujuan menghindari timbulnya karat pada pisau Anda yang berbahan logam. Pisau yang berkarat sangat berbahaya jika digunakan, karena karat yang menempel pada makanan akan ikut terkonsumsi tubuh kita dan dapat mengganggu kesehatan. Cucilah segera pisau Anda dan lap sampai kering agar tidak berkarat.

3. Simpan pisau di tempat yang aman. Pisau dapat ditempatkan pada knife holder. Jika tidak memilikinya, Anda bisa menyimpan pisau di laci lemari yang tertutup sehingga jauh dari jangkauan anak-anak. Selain berbahaya untuk anak-anak, pisau yang banyak terekspos udara menjadi mudah berkarat.

4. Cara menyimpan pisau yang aman adalah dengan mengamankan bagian yang runcing. Hal ini sangat penting, hindari untuk meletakkan pisau sembarangan dengan cara menggantung dengan ujung runcing dibawah.

5. Hal penting lainnya ialah melakukan perawatan pisau dengan memakai pisau yang sesuai dengan bahan makanan yang Anda potong atau sesuai dengan fungsinya. Misalnya, penggunaan pisau roti dipakai untuk memotong kue atau roti. Jangan gunakan pisau roti untuk memotong daging dan sayuran. Jika Anda melakukannya, Anda akan merusak pisau tersebut karena pisau melakukan tugas berat yang melebihi kemampuannya.

 

 

Sumber: semangatku

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel