224 Selasa, 26 Agustus 2014 | 05:15:28

Yuk Pelihara Saluran Air

yuk-pelihara-saluran-airtribunnews

Jangan tunggu hingga saluran air di rumah Anda tersumbat! Pelihara dan rawatlah secara teratur saluran air agar terhindar dari ancaman mampet dan berkarat. Wastafel, area shower, bak cuci piring, sampai area mencuci, memiliki saluran pembuangan air tersendiri. Pernahkan Anda merasakan bagaimana repotnya jika ada salah satu saluran air ini tersumbat? Mengingat kerepotan yang disebabkannya, kita tentu tidak mau kejadian yang sama terulang.

Cara mencegah agar saluran air tidak mampet bukanlah hal yang sulit, yang penting lakukan perawatan secara teratur dan berkala. Dan yang pasti hindari membuang sampah atau kotoran yang tidak cepat terurai dengan air. Contohnya yaitu sisa makanan, rambut, dan bahkan plastik atau tissue.

Yang paling bahaya ialah rambut. Terkadang tanpa disengaja, rambut kita rontok pada waktu keramas atau mandi. Bila terdapat penyaring pada drain pada shower atau washtafel kita, ada baiknya rambut-rambut yang tersangkut tersebut dibuang terlebih dahulu ke tempat sampah. Dan jangan memaksa memasukkannya ke dalam saluran air karena rambut tidak mudah terurai dalam waktu yang sangat lama. Hasilnya bila bertumpuk akan menyebabkan mampet.

Bagaimana memelihara saluran air tetap lancar? Kita cukup menyediakan baking soda, cuka, dan air hangat. Dan selanjutnya, ikuti langkah berikut.

   1. Tuang satu cangkir baking soda pada saluran air.

   2. setelah itu, tuangkan satu cangkir cuka.

   3. Diamkan selama sekitar satu jam. Biarkan baking soda dan cuka bekerja membersihkan kerak yang terdapat pada saluran air.

   4. Setelah satu jam, siram saluran air dengan air hangat. Air panas akan merontokkan kerak, yang sudah terlebih dahulu dibersihkan baking soda dan cuka.

   5. Ulangi langkah tersebut minimal satu kali setiap bulan. Dengan begitu saluran air di rumah akan terhindar dari mampet.

 

 

Sumber: sumberperkakas.yudydef

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel