139 Sabtu, 23 Agustus 2014 | 12:59:22

Tips Merawat Buku

tips-merawat-bukutheguardian

Di dalam ruang kerja, keberadaan buku dan raknya adalah hal yang wajib. Jika tidak ditata dengan baik dan benar, buku-buku dan rak yang berantakan bisa memberi kesan sumpek pada ruang kerja Anda. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Nah, supaya tampilan ruang kerja mampu menambah semangat, sejumlah tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk merapikan rak buku.

1. Penutup Kaca

Jika memakai rak tertutup, ada baiknya gunakan penutup kaca. Hal ini berguna supaya Anda tetap bisa melihat buku-buku yang ada tanpa harus membukanya.

2. Sirkulasi Udara

Jaga kelembapan rak dengan tidak meletakkan buku terlalu rapat antara satu dengan yang lainnya. Hal ini akan memberi sirkulasi udara bagi buku dan mencegah kerusakan buku akibat bergesekan satu sama lain. Dan hindari meletakkan rak menempel pada dinding.

3. Bahaya Organik

Hindari eletakkan rak buku fekat dengan tanaman dan makanan karena buku mengandung zat organik tertentu yang disukai oleh serangga dan tanaman.

4. Matahari

Hindari meletakkan rak buku di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Ini akan menyebabkab warna dan tulisan buku cepat pudar.

5. Suhu

Meletakkan rak buku pada ruangan ber-AC adalah pilihan yang tepat karena Anda dapat mengatur kelembapan dan suhu udara ruangan. Suhu yang terlalu panas akan menyebabkan buku cepat rapuh dan suhu yang terlalu lembap menyebabkan buku cepat rusak.

 6. Letak Buku

Letakkan buku dalam posisi berdiri dan jangan biarkan punggungnya berada di atas karena tekanan gravitasi dapat mengendorkan jilid buku. Hindari menumpuk buku satu dengan lainnya karena menyebabkan buku yang paling bawah menanggung terlalu banyak beban dan jilidnya akan rusak.

7. Ukuran

Agar mudah dicari, aturlah buku sedemikian rupa, misalnya menurut ukurannya atau menurut topiknya. Pengaturan pemisahan buku menurut ukuran dapat mencegah buku dari kerusakan.

 

 

Sumber: blogbukuindonesia

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel