138 Jum'at, 22 Agustus 2014 | 04:18:04

Tips Memelihara AC

tips-memelihara-acabcnews

Jika rumah Anda memakai AC atau pendingin ruangan, usahakanlah selalu memeliharanya secara rutin. Sebab, AC yang tidak dirawat secara berkala hanya akan menimbulkan polusi udara dan penyakit. AC yang kotor karena jarang dibersihkan, dapat menimbun berbagai virus dan bakteri yang akan menyebar secara terus menerus ke seluruh ruangan dan masuk ke indera penciuman penghuninya. Hasilnya, penghuni pun akan mengalami sakit atau infeksi berulang kali.

Berikut tips memelihara AC agar dapat bekerja optimal dan tahan lama:

1. Jangan lupa matikan AC

Jika bepergian atau ruangan tidak digunakan, sebaiknya matikan AC. Meski menyalakannya cukup mudah dengan disediakan remote control, tapi perawatan ini kerap diabaikan.

Jika udara tidak terlalu panas, usahakan untuk mematikan sekitar satu atau dua jam dalam sehari. Saat AC dimatikan, bukalah jendela dan pintu agar terjadi pertukaran udara.

2. Rawat kebersihan AC

Periksalah komponen saringan udara pada AC, minimal sebulan sekali. Penyaring udara yang kotor bisa menghambat proses sirkulasi udara dan menjadi tempat bagi kuman, bakteri maupun jamur berkumpul.

Bakteri inilah yang akan mengalir ke bagian evaporator coil (gulungan penguap) lalu menyebar ke seluruh ruangan. Komponen AC yang kotor akan mempengaruhi kinerja sistem pendingin sehingga tidak menghasilkan udara sejuk yang maksimal.

3. Selektif dalam penggunaan

Minimalkan potensi gangguan kesehatan dengan selektif menggunakan AC, sebab jika di ruangan yang sama terdapat anggota keluarga yang sakit, virus dan kumannya dapat menyebar melalui AC. Jadi jika ada anggota keluarga yang sakit flu, misalnya, usahakan seminimal mungkin memakai AC.

4. Periksa kondensor AC

Pastikan kondensor yang berada di luar rumah bersih dari debu, semak belukar, serta dedaunan. Jika ingin membersihkan, matikan AC terlebih dahulu dan bersihkan debu yang menempel dengan vacuum cleaner.

5. Lakukan perawatan rutin

Agar lebih aman, rawatlah AC dengan jasa teknisi pembersih AC yang dipercaya minimal setiap enam bulan sekali. Perawatan ini tidak hanya untuk kesehatan keluarga, namun juga untuk memastikan AC menjadi awet dan hemat biaya listrik.

 

 

Sumber: globalindoprima

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel