486 Rabu, 20 Agustus 2014 | 03:58:09

Solusi Memelihara Plafon Triplek Bernoda

solusi-memelihara-plafon-triplek-bernodablogspot.estatuariosoleado

Hampir setiap rumah akan mendapatkan masalah seperti plafon bernoda. Biasanya, yang menjadi utama penyebab utama plafon bernoda yaitu genting yang sering bocor. Selain hal tersebut, ada beberapa hal lain yang menyebabkan plafon bernoda. Salah satu contohnya adalah binatang pengerat seperti tikus yang terkadang hidup di plafon rumah.

Plafon pada umumnya terbuat dari material gypsum, GRC, dan triplek. Seluruh jenis material plafon ini tidak dapat terlepas dari noda. Maka Anda harus rajin memelihara plafon rumah dengan baik. Tetapi bila sudah terlanjur bernoda, agar tidak terlalu parah, ada baiknya plafon harus segera dibersihkan dan diperbaiki. Sebelum memperbaiki plafon, sebaiknya Anda mencari asal nodanya terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan supaya pengerjaannya tidak sia-sia. Contohnya, bila sumber noda adalah dari atap yang bocor, maka kebocoran itu juga harus turut diperbaiki.

Diambil dari buku Home Repairing, Solusi Mudah Atasi Kerusakan Rumah, karangan Griya Kreasi, terdapat beberapa langkah mudah untuk memelihara plafon bernoda yang dapat Anda ikuti. Berikut ulasannya.

Pertama, siapkan alat dan bahan seperti cat dinding, lapisan alkali, sealer, sarung tangan, wadah cat, ampelas, kape serap, tangga, kuas dan roller. Bersihkan plafon dari kotoran atau jamur dengan memakai ampelas atau kape serap. Supaya pengecatan nampak rata, tutupi bagian plafon yang bernoda menggunakan alkali sealer.

Diamkan selama satu sampai dua jam hingga lapisan alkali kering sempurna. Bila sudah kering, lakukan pengecatan dua kali. Pengecatan pertama memakai campuran cat dinding dan air sebanyak 10 persen dari jumlah cat, sementara pengecatan kedua memakai campuran cat dan air 20 persen. Pakailah roller supaya rata. Terakhir, pakailah kuas cat pada bagian sudut-sudut plafon.

 

 

Sumber: okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel