623 Senin, 18 Agustus 2014 | 03:58:00

Tips Memelihara Wajan Teflon Agar Awet

tips-memelihara-wajan-teflon-agar-awetkiddonesia

Dari sekian banyak peraalatan dapur dan alat memasak, pastinya wajan teflon antilengket adalah yang paling sering Anda gunakan. Memang, adanya berbagai peralatan masak yang terbuat dari teflon memudahkan kita untuk memasak. Lapisan anti lengket yang terdapat pada teflon membuat kita tidak perlu menambahkan banyak minyak bahkan tidak menggunakan minyak saat memasak.

Meskipun begitu, Anda harus memperhatikan cara pemeliharaan teflon. Lapisan anti lengket yang disebut Polytetrafluoroethylene pada teflon dapat rusak. Hai tersebut menyebabkan fungsi anti lengketnya hilang dan membahayakan kesehatan bila mengelupas. Pemeliharaan yang benar akan membuat peralatan teflon Anda lebih awet dan sehat.

1. Selalu pakai pengaduk masakan atau spatula yang terbuat dari kayu halus atau pengaduk khusus untuk peralatan teflon agar tidak menggores permukaan teflon. Spatula yang terbuat dari material metal atau logam bisa menggores permukaan teflon.

2. Teflon paling baik dipakai untuk memasak dengan api suhu rendah hingga suhu sedang. Suhu di atas 250 derajat celsius dapat membuat senyawa kimia teflon menguap dan menjadi racun.

3. Setelah usai memasak, diamkan teflon hingga dingin, baru kemudian dicuci. Langsung menyiram teflon panas dengan air bisa menyebabkan lapisan teflon mengelupas.

Gunakan sabun pencuci piring yang lembut atau sabun cair dan spons pencuci piring yang lunak.

4. Setelah permukaan teflon kering, lapisi dengan minyak masak supaya permukaannya tetap lembab. Tuang minyak goreng pada kain bersih, lalu oleskan pada permukaan teflon.

Hati-hati saat menyimpan teflon, jangan Anda tumpuk di atas peralatan logam karena dapat menggores permukaan teflon. Lebih baik Anda gantung peralatan teflon agar tidak bersentuhan dengan peralatan lain.

5. Terakhir, bila Anda sudah melihat banyak goresan pada permukaan teflon, apalagi sampai mengelupas, segera ganti dengan peralatan baru. Teflon yang tergores telah kehilangan fungsi anti lengket sekaligus berbahaya jika serpihannya tercampur dalam makanan.

 

 

Sumber: infodapur

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel