251 Senin, 11 Agustus 2014 | 02:35:40

Pupuk Alami di Lingkungan Anda

pupuk-alami-di-lingkungan-andaTumblr

Apakah anda merasa kerepotan bolak-balik ke tukang tanaman setiap kali pupuk tanaman anda sudah habis? Atau dompet anda yang menjadi lebih cepat “kosong” karena harga pupuk yang menurut anda mahal? Jangan khawatir, di sekitar anda dan di keseharian anda, ternyata banyak sekali bahan-bahan yang dapat anda jadikan pupuk alami yang tidak kalah bagus dengan yang dijual di pasaran!

Ampas Jus Buah
Biasanya, banyak orang yang tidak menyukai ampas yang tertinggal saat buah-buahan telah selesai di jus. Daripada dibuang, lebih baik anda gunakan saja sebagai pupuk alami. Sisa buah-buahan tersebut terbukti bagus untuk tanaman anda, terutama tanaman sayur-mayur. Selain itu, ampas buah dapat menarik cacing untuk tinggal di tanah tempat tanaman anda ditanam.

Kulit Telur
Walaupun baunya amis dan mudah sekali untuk berubah menjadi bau busuk yang menyengat, kulit terlur ternyata sangat berguna untuk tanaman anda, loh! Cukup tanamkan pecahan-pecahan kecil kuloit telur di tanah dimana tanaman anda ditanam. Tidak hanya dapat menyediakan protein dan mineral bagi tanah yang dapat menyuburkan tanaman anda, tanaman anda juga terbebas dari hama tikus yang dapat merusak.

Kantung Teh
Anda dan keluarga penggemar teh celup? Jika iya, jangan langsung membuang kantung teh celup yang telah selesai anda gunakan. Kantung teh, terutama teh herbal dan teh hitam, terbukti sangat membantu menyuburkan tanah dan tanaman.

Nasi
Nasi terkenal kaya akan karbohidrat yang baik untuk tubuh manusia. Namun ternyata nasi bukan hanya bermanfaat untuk manusia saja loh! Karena mengandung karbohidrat dan zat patin yang baik untuk kesuburan tanah, nasi juga sangat cocok untuk dijadikan pupuk alami. Tanamkan nasi sisa makan anda di kebun buah anda untuk membantunya tumbuh lebih subur.

Kulit Kacang
Kacang masih menjadi cemilan favorit di Indonesia, apalagi ketika anda sedang menikmati pertandingan bola di TV, rasanya kacang tidak boleh sampai “absen”, deh! Nah, seselasainya pertandingan, anda dapat mengumpulkan kulit kacang tersebut untuk dijadikan pupuk alami. Kulit kacang mengandung nutrisi yang baik untuk tanah dan tanaman anda.

Pinggiran Roti Tawar
Banyak sekali orang-orang yang sengaja merobek pinggiran roti tawar dengan alasan selera, atau karena teksturnya yang tidak seempuk roti tawar yang berwarna putih. Eits, jangan dibuang ke tempat sampah dulu! Meskipun basi sekalipun, pinggiran roti tawar dapat memperkuat akar tanaman anda.

Bibit atau Biji-bijian
Jika anda memiliki bibit atau biji-bijian yang sudah tidak dapat ditanam lagi karena basi atau kondisinya yang cacat atau pecah, anda dapat tetap memanfaatkannya sebagai pupuk alami tanaman anda. Bibit dan biji-bijian bekas ini memiliki fungsi yang sama seperti pinggiran roti tawar, yaitu untuk memperkuat akar tanaman anda.

 

Sumber: Boldsky

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel