218 Sabtu, 09 Agustus 2014 | 08:31:05

Cegah Karat Pada Pagar dengan Mudah

cegah-karat-pada-pagar-dengan-mudahTumblr

Banyak orang yang memilih pagar dengan bahan material besi untuk pagar mereka karena dinilai praktis dan cukup aman. Namun, tahukah anda bahwa pagar besi sangat rentan terkena karat karena terekspos oleh sinar matahari dan air hujan secara terus menerus?

Munculnya karat pada pagar besi dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu karena reaksi oksidasi dan reaksi kimia. Reaksi-reaksi tersebut dapat terjadi karena tiga elemen, yaitu air, oksigen dan garam terlarut. Jika pagar sudah berkarat, kerusakan yang timbul dapat beraneka ragam, mulai dari kerusakan yang kecil seperti tampilan pagar yang tidak bagus, sampai ke kerusakan yang fatal seperti patahnya pagar karena karat yang sudah menjamur.

Untuk kerusakan yang sederhana, masih bisa diakali. Namun jika kerusakannya sudah terlalu parah, pastinya anda harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk mengganti pagar anda. Nah, sebelum pagar anda rusak, sebaiknya anda lakukan tiga langkah berikut untuk mencegah munculnya karat pada pagar anda.

Bahan dan alat yang diperlukan:
- Ampelas besi
- Sikat kawat
- Kuas. Sesuaikan besar kecilnya kuas dengan besi yang digunakan pada pagar anda.
- Cat besi dengan kandungan anti karat. Selain berfungsi sebagai cat primer, cat ini juga dapat digunakan sebagai top coat atau cat finishing.

Langkah-langkah yang harus dilakukan:
- Pertama-tama, bersihkanlah pagar besi anda sampai benar-benar terbebas dari karat dengan cara diampelas menggunakan ampelas besi sampai benar-benar bersih.
- Kedua, jika ada permukaan besi yang masih ada kotoran minyak atau depu yang menempel, gunakan lap kering untuk membersihkannya.
- Setelah anda telah memastikan bahwa pagar anda benar-benar bersih dari karat maupun kotoran-kotoran yang menempel, anda dapat mulai menyampukan cat besi dengan kandungan anti karat. Gunakanlah cat itu sebagai lapisat primer dan juga lapisan top coat atau cat finishing.
- Selain cat besi, anda juga dapat menggunakan beberapa jenis cat yang memiliki kandungan tahan cuaca. Jika anda tertarik untuk menggunakan cat dekorasi ini, terlebih dahulu gunakan cat besi anti karat, tunggu satu hari penuh sampai benar-benar kering, baru aplikasikan cat dekorasi dengan warna pilihan anda.

Selamat mencoba.

 

Sumber: IdeaOnline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel