277 Selasa, 12 Agustus 2014 | 04:17:25

Memelihara Dinding Berlumut & Berjamur

memelihara-dinding-berlumut-berjamurgalmasciptagraha

Keadaan iklim, terutama iklim tropis bisa mempengeruhi kondisi bangunan rumah. Umumnya bangunan di daerah yang memiliki iklim tropis lebih berisiko untuk ditumbuhi jamur dan lumut. Jamur-jamur tersebut tumbuh di ruangan yang lembab contohnya kamar mandi, wastafel, atau dinding luar yang terkena air hujan. Tumbuhnya jamur diawali dengan timbulnya noda hitam yang menyebar pada area tertentu di dinding, sementara lumut umumnya terlihat di permukaan dinding yang berwarna hijau.

Tahukah Anda cara mengatasi jamur dan lumut yang tumbuh pada dinding? Yuk kita simak ulasan yang dikutip dari buku Home Repiring Solusi Mudah Atasi Kerusakan Rumah tulisan Griya Kreasi.

Pertama, siapkanlah alat dan bahan yang diperlukan antara lain yaitu cat anti jamur atau anti lumut, kaporit atau cairan pemutih pakaian, sarung tangan karet, cairan anti jamur dan lumut, cat dasar, lap, masker, kape, sekrap, bak cat, kuas dan roller.

Sebelum mulai bekerja, pastikan Anda memakai sarung tangan dan masker terlebih dahulu. Bersihkan jamur dan lumut pada dinding dengan memakai kape sekrap dan sikat kering, lalu semprot dengan air.

Campurkan 500 gram kaporit atau larutan pemutih dengan 2 liter air. Usapkan lap ke dinding dengan merata. Diamkan selama 1 jam supaya jamur dan lumut mati. Setelah itu, semprotkan air bersih ke dinding untuk membilasnya. Setelah dinding menjadi kering, sapukan cairan anti jamur dan anti lumut dengan kuas. Biarkan selama 2-6 jam.

Setelah didiamkan, bilas lagi dengan air bersih. Biarkan selama satu hari agar dinding benar-benar kering. Kemudian, aplikasikan car dasar dan tunggu sampai kering. Terakhir, aplikasikan cat dinding berupa cat anti jamur dan anti lumut.

 

 

Sumber: okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel