109 Senin, 21 Juli 2014 | 02:14:39

Tips Hindari Pagar Berkarat

tips-hindari-pagar-berkaratindonetwork

Pagar besi adalah elemen yang paling sensitif terkena karat karena terletak di luar rumah. Supaya dapat mencegah kerusakan yang lebih parah, sebaiknya kita lakukan perawatan sejak dini. Timbulnya karat pada pagar besi berakibat dari dua hal, yaitu terjadinya reaksi oksidasi dan reaksi kimia. Tiga elemen yang mendukung terjadinya reaksi itu adalah air, oksigen, dan garam terlarut. Jika sudah terserang karat, kerusakan yang timbul bisa beragam, mulai dari stadium awal sampai ke tingkat yang dapat menyebabkan hilangnya bahan besi itu sendiri.

Pagar besi dengan tingkat kerusakan yang ringan masih bisa diperbaiki, namun jika sudah sampai rusak parah seperti hilangnya bahan besi, maka harus diganti. Sebab itu, sebelum terlanjut rusak parah, sebaiknya jika kita lakukan 3 langkah berikut guna mencegah pagar besi rumah Anda berkarat:

Bahan dan alat:

- Cat besi yang mengandung bahan anti karat. Cat ini berguna untuk cat primer sekaligus top coat atau biasa disebut cat finish.

- Ampelas besi

- Sikat kawat

Kuas, sesuaikan dengan ukuran besar besi yang dipakai

Langkah-langkah:

1. Sikat bagian besi yang berkarat, setelah itu ampelas hingga bagian tersebut benar-benar bersih.

2. Jika pada permukaan besi masih tertinggal kotoran debu dan minyak, bersihkan dengan kain lap kering.

3. Oleskan cat besi yang mengandung anti karat. Cat itu berguna sebagai lapisan cat primer sekaligus top coat  atau cat finish.

Kelebihan lain cat tersebut adalah tahan cuaca dan tersedia dalam berbagai pilihan warna dekoratif yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Bila tidak menggunakan cat jenis tersebut, Anda bisa memakai cat dasar terlebih dahulu. Tunggulah selama satu hari, setelah itu baru aplikasikan cat finish. Pagar besi di rumah akan terlihat seperti baru lagi.

 

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel