139 Kamis, 17 Juli 2014 | 12:22:00

Cara Tepat Ngecas Ponsel

cara-tepat-ngecas-ponseluthmag

Baterai merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah smartphone atau ponsel. Maka sudah tentu kinerja ponsel akan menurun bila baterai tidak dalam keadaan baik. Agar usia baterai ponsel bisa panjang dan tahan lama, cara paling mudah adalah dengan menonaktifkan koneksi WiFi dan GPS bila tidak diperlukan. Dan hindari menggunakan ponsel untuk bermain game dalam waktu yang lama.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang patut diikuti agar baterai ponsel Anda selalu dalam keadaan baik. Yuk kita intip caranya!

Matikan smartphone saat mengisi daya

Saat mengisi daya baterai, matikanlah ponsel atau smartphone Anda. Cara ini akan membuat pengisian daya semakin maksimal. Jadi, jika ingin kinerja baterai ponsel Anda maksimal,lakukanlah pengisian daya baterai saat kondisi ponsel Anda mati atau lakukan pengisian daya saat baterai sudah 40 persen.

Jaga agar tetap dingin

Selain tata cara pengisian daya baterai yang baik, Anda juga harus menjaga suhu baterai agar tetap stabil. Suhu panas akan membuat kualitas baterai capat menurun.

Dalam suhu rata-rata 32 derajat farenheit, baterai lithium-ion akan kehilangan 6 persen dari kapasitas maksimum per tahun. Pada suhu 77 derajat, jumlah kehilangan kapasitas meningkat hingga 20 persen, dan pada 104 derajat mencapai 35 persen.

Hindari pengisian nirkabel

Pengisian menggunakan nirkabel memang mudah dan praktis tanpa lilitan kabel. Tetapi hal ini cukup beresiko karena menimbulkan limbah panas dan menyebabkan banyak energi terbuang percuma. Selain itu jangan biarkan daya baterai habis hingga 0 persen. Cobalah untuk menyisihkan daya, setidaknya 40 persen karena jika daya benar-benar habis hingga 0 persen maka akan berbahaya atau bisa terjadi ledakan saat pengisian daya.

 

 

 

Sumber: Liputan6

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel