156 Selasa, 15 Juli 2014 | 11:49:52

5 Cara Agar Sikat Gigi Bebas Bakteri

5-cara-agar-sikat-gigi-bebas-bakterisenyumceria

Sikat gigi merupakan salah satu alat terpenting yang harus dimiliki setiap orang. Tanpa alat ini, kita tidak dapat membersihkan sisa-sisa makanan dan kotoran yang terdapat pada gigi dan gusi. Orang-orang tidak menyadari bahwa sikat gigi yang telihat bersih, mekandung ratusan bakteri yang siap hijrah ke mulut kita. Maka itu, hendaklah biasakan diri untuk selalu merawat sikat gigi yang kita gunakan!

Berikut adalah cara merawat sikat gigi yang diungkapkan Prof. Dr. drg. Melanie S. Djamil, MBiomed FICD:

1. Keringkan sikat gigi

Bakteri menyukai tempat yang lembab untuk hidup dan berkembang biak. Sikat gigi yang tidak dikeringkan setelah dipakai akan menjadi lembab,hal tersebut yang membuat bakteri mudah berkembang dalam sikat gigi.

“Kita harus yakini betul bahwa sikat gigi yang kita gunakan sudah bersih. Rutin keringkan sikat gigi, dengan cara dikeprek-keprek dan bersihkan dengan tisu bulu-bulu yang ada di sikat gigi," ujar Prof. Mel dalam diskusi berjudul `FORMULA NANO CHARCOAL: Solusi untuk Sikat Gigi yang Lebih Higienis`, ditulis Health Liputan6.com pada Senin (14/7/2014).

2. Ganti sikat gigi 3 bulan

Salah satu sifat buruk orang Indonesia yaitu memakai sikat gigi dalam waktu lama, dan baru akan mengganti dengan sikat gigi yang baru sampai bulu-bulu yang ada rusak. Prof Mel menganjurkan untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau maksimal setiap 6 bulan sekali.

3. Hindari pemakaian helm

"Saat travelling pakai sikat gigi dengan helm atau tutup memang bagus. Tapi, untuk sehari-hari, ada baiknya yang terbuka. Jangan sampai menjadi lembab," kata Prof. Mel menjelaskan.

4. Pisahkan sikat gigi

Pisahkan tempat untuk menaruh sikat gigi yang satu dengan yang lainnya. Jika bulu sikat gigi saling menempel, hal tersebut akan menyebabkan bakteri yang ada akan saling berpindah antar sikat gigi.

"Berbagi cinta sama suami atau istri sih, tidak masalah. Tapi, kalau berbagi bakteri, itu masalah," ujar Prof. Mel dengan tawa.

5. Bilas dengan air hangat

Bila sikat gigi terjatuh, segeralah bersihkan dengan air hangat. Walaupun begitu, hal ini tidak menjamin bakteri akan hilang 100 persen. Maka itu, Prof Mel menyarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru.

 

 

sumber: Liputan6

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel