241 Senin, 14 Juli 2014 | 11:44:27

Cara Bersihkan Tirai Berdasarkan Bahannya

cara-bersihkan-tirai-berdasarkan-bahannyaService Master Norwich UK

Tirai merupakan salah satu aksesoris yang kerap digunakan untuk mempercantik tampilan hunian anda, terutama jendela. Selain untuk mempercantik ruangan, tirai juga berfungsi untuk menghalangi sinar matahari yang masuk dan menjaga privasi di dalam ruangan.

Tentu saja, tirai yang kotor bukannya memperindah tampilan jendela anda, malah akan menimbulkan kesan kumuh dan jorok. Selain itu, debu yang menempel terlalu lama pada tirai akan menjadikan tirai kusam, dan warnanya menjadi tidak cerah lagi. Maka dari itu, kita harus rajin membersihkannya.

Kebanyakan orang menggunakan penyedot debu untuk membersihkan tirai mereka secara rutin dan berkala. Namun tahukah anda, jika tirai dengan bahan yang berbeda membutuhkan cara membersihkan yang juga berbeda? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini!

Bahan dasar kain
Tirai dengan bahan dasar ini merupakan jenis tirai yang cukup sulit untuk dibersihkan karena bahan dasar kain lebih mudah dan cepat menyerap kotoran dan noda. Untuk menjaganya agar tetap bersih, anda perlu menggunakan penyedot debu untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada kain. Lakukanlah ini secara rutin dan berkala. Jika nodanya tak kunjung bersih, cucilah dengan sabun pencuci pakaian dan rendam di air hangat. Sebelum digunakan kembali, pastikan tirai kain anda terjemur hingga benar-benar kering untuk menghindari tumbuhnya jamur.

Bahan dasar kayu
Lain dengan cara membersihkan tirai berbahan kain yang menggunakan air, tirai berbahan kayu justru sensitif dengan air. Jadi anda harus memastikan bahwa anda menggunakan kain yang lembut untuk membersihkan tirai anda. Gunakan juga semprotan khusus untuk kayu untuk menghindari kerusakan pada tirai kayu kesayangan anda.

Bahan dasar logam
Tirai berbahan dasar logam lebih mudah cara membersihkannya dibandingkan dengan tirai kain ataupun kayu. Anda cukup menggunakan air, sabun pembersih khusus, dan sikat yang tidak terlalu kasar. Pilihlah sabun pembersih dengan kandungan kimia yang minimal untuk menghindari mengelupasnya permukaan tirai logam anda.

Bahan dasar plastik
Tirai berbahan dasar plastik tergolong paling mudah untuk dibersihkan. Cukup dengan penyedot debu, kemoceng, sarung tangan, kain, atau kuas pembersih, debu yang menempel dapat segera terangkat dari permukaan plastik tirai anda. Jika debu sudah terlanjur membandel, anda dapat menggunakan sabun pembersih dan sikat halus untuk membasminya.

Semoga bermanfaat!

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel