131 Sabtu, 05 Juli 2014 | 10:13:11

Tips Rawat Kasur Agar Awet

tips-rawat-kasur-agar-awetKong Research

Kasur adalah salah satu faktor penting yang menentukan kualitas tidur. Kasur yang baik akan membuat tubuh anda terasa segar saat bangun tidur, sehingga anda lebih siap untuk aktifitas harian anda. Umumnya, kasur dapat bertahan kualitasnya hingga 10 tahun jika diiringi dengan perawatan yang benar. Lebih dari itu, bagian tertentu pada kasur dapat mengalami penipisan.

Gejala yang paling mudah untuk mengetahui apakah kualitas kasur sudah menurun drastis adalah ketika anda bangun tidur. Jika saat anda terbangun anda merasakan sakit di tulang punggung, berarti kualitas per (spring) pada kasur sudah tidak baik lagi. Normalnya. kasur diganti setiap delapan sampai 10 tahun sekali, tergantung dari kualitas kasur tersebut. Agar kasur anda dapat tetap awet selama mungkin, lakukan tiga perawatan ini secara rutin.

Kebersihan
Gunakanlah sprei berbahan katun agar kasur anda tetap bersih dan terhindar dari kuman. Sprei jenis ini baik untuk menyerap keringat sehingga kasur tetap bersih. Jangan lupa untuk mengganti sprei setiap dua minggu sekali untuk menjaga kebersihan kasur.

Jemur
Permukaan kasur yang lembab akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan penyakit. Lembabnya kasur dapat disebabkan karena anda sering berbaring di bagian yang sama dan suhu kamar yang berubah-ubah. Agar kasur tidak lembab, jemurlah kasur beberapa jam di bawah sinar matahari. Selain sinar matahari dapat membuat volume kasur kembali seperti semula, panasnya juda dapat membunuh kuman dan penyakit. Ingatlah untuk selalu membesihkan kasur anda dengan menggunakan sapu lidi atau vacuum cleaner untuk menyingkirkan debu-debu yang mungkin menempel saat penjemuran.

Ganti Posisi
Karena kebanyakan orang berbaring pada bagian yang sama di kasur, maka ubah posisi kasur secara berkala. Bagian tubuh yang paling berat saat berbaring adalah daerah bokong, itulah mengapa perubahan posisi pada kasur berguna untuk membagi kerja per kasur anda, sehingga ketebalan kasur tetap rata. Biasanya, produsen kasur sudah memberitahukan kapan saat yang tepat untuk memutar arah kasur anda. Namun jika tidak ada instruksi dari produsen kasur, anda dapat mengubah posisi kasur setiap enam bulan sekali.

 

Sumber: Wollipop

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel