526 Jum'at, 04 Juli 2014 | 01:48:52

3 Titik Rawan Bocor Pada Atap Rumah

3-titik-rawan-bocor-pada-atap-rumahRoof Repair LA

Jika dibiarkan terlalu lama, atap yang bocor dapat membuat struktur bangunan rumah anda rusak. Bekas bocoran juga akan meninggalkan noda hitam atau cokelat yang membuat atap anda tidak sedap untuk dipandang. Ada banyak penyebab kebocoran pada atap rumah, salah satunya adalah karena ada celah yang membuat air mudah masuk dan mengalir kedalam langit-langit anda.

Untuk dapat mengatasinya, anda perlu mengetahui tiga titik rawan bocor di atap rumah anda. Mau tahu? Yuk, kita simak ulasan berikut.

Nok genting
Untuk nok, biasanya kebocoran terjadi karena lapisan semen untuk pegangan genting tidak kuat atau sudah mulai retak. Cara mengatasinya adalah dengan membongkar lapisan semen yang sudah rusak dan segera ganti dengan lapisan yang baru.

Genteng retak/pecah
Genteng yang retak atau pecah juga dapat menjadi pintu masuk bagi air hujan. Ini merupakan titik rawan bocor kedua. Untuk kasus genteng yang pecah atau retak, cara mengatasinya tentu saja dengan mengganti genteng tersebut dengan genteng yang baru.

Talang
Titik rawan bocor ketiga adalah talang air. Karena letaknya berada di ujung saluran air, talang air baik yang berjenis dak beton maupun karpet seringkali menimbulkan masalah. Sambungan antar-bagunan atau bagian-bagian lain merupakan tempat yang umumnya mengalami kebocoran.

Jika kebocoran terjadi di lubang pembuangan, biasanya kebocoran ini sudah dimulai dari proses pembuatan. Ini dapat terjadi karena pipa dipasang dengan kurang berhati-hati, maka air bukannya masuk ke pipa, tapi justru keluar dan merembes ke sisi luarnya. Begitu juga jika kebocoran terjadi di sambungan talang. Biasanya ini terjadi karena proses penyemenan yang tidak sempurna, sehingga mudah retak jika terkena panas atau hujan.

Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan cat waterproof. Sebelum anda menggunakannya, anda harus terlebih dahulu mengetahui kondisi keretakannya. Jika retaknya kecil, anda dapat menggunakan polyester mesh yang bentuknya menyerupai kain kasa. Jika retakannya cukup besar, anda butuh bahan tambahan seperti batuband. Permukaan harus terlebih dahulu bersih, ada baiknya jika sebelum mengaplikasikan waterproof, anda menggunakan bahan pengikat semen yang anti debu (bonding agent) sebagai lapisan awal.

Semoga berhasil!

 

Sumber: Idea Online

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel