140 Selasa, 01 Juli 2014 | 01:59:17

Tips Aman Cari PRT

tips-aman-cari-prtPhilly

Dengan kesibukan di luar rumah dan kondisi rumah yang kosong, tentu saja anda memerlukan tenaga untuk membantuk anda mengurus kegiatan rumah tangga seperti menyapu, mengepel, mencuci, mengelap, memasak, mebersihkan, menguras, menjemur, menyeterika, dan lain-lain. Pilihan yang paling tepat adalah dengan memperkerjakan Pembantu Rumah Tangga atau PRT.

Untuk bisa mendapatkan PRT yang cocok dan baik memang susah-susah mudah. Apalagi dengan banyaknya variasi pekerjaan untuk pendidikan dibawah SMA, seperti pegawai restoran, office boy, dan lain sebagainya dengan gaji yang relatif lebih tinggi. Pekerjaan PRT di jaman sekarangpu makin menurun peminatnya karena gajinya yang umumnya di bawah UMR.

Hal ini juga terjadi karena maraknya berita yang beredar tentang majikan yang kejam dan semena-mena terhadap pembantu. Walaupun sebenarnya, tidak jarang juga diberitakan kasus kejatahatan dimana PRTlah pelaku kejahatannya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, yuk, kita simak tips berikut sebelum memperkerjakan PRT!

 

Cari melalui jasa penyalur

Cara aman yang dapat anda gunakan untuk mencari pembantu adalah melalui jasa penyalur seperti yayasan. Biasanya, yayasan memasang iklan di Koran, majalah, poster, pamflet, dan lain sebagainya. Walaupun umumnya PRT yang didapat melalui yayasan lebih mahal karena ada biaya pengambilan, asuransi, dan lain sebagainya, cara ini dianggap cukup aman. Namun anda harus pastikan terlebih dahulu yayasan yang anda pilih memiliki reputasi yang baik dan pasti siap bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menyangkut PRT yang anda pekerjakan.

 

Cari melalui kenalan PRT lain

Cara lain yang aman adalah dengan menanyakan PRT lain, apakah ia memiliki sanak saudara atau teman di kampong yang ingin bekerja di rumah anda atau tidak. Mintalah rekomendasi yang baik dan memiliki pengalaman kerja yang cukup. Meskipun begitu, anda harus ingat, mempekerjakan orang-orang dengan hubungan darah atau pertemanan yang kuat ada resiko tersendiri. Contohnya, jika anda mengeluarkan satu, yang satu lagi juga akan minta keluar, dan lain sebagainya.

 

Cari melalui rekan atau keluarga terpercaya

Anda juga dapat menanyakan ke teman-teman atau keluarga anda apakah mereka memiliki rekomendasi PRT yang dapat kita pekerjakan atau tidak. Karena sumbe informasinya adalah teman atau keluarga, maka informasi yang anda dapat mengenai PRT tertentu juga akan lebih jujur dan tidak melulu dibagus-baguskan seperti halnya jika kita mencari di yayasan atau pada PRT lain.

 

Tips tambahan agar PRT betah bekerja di rumah anda:

 

a. Beri gaji sesuai rata-rata gaji PRT lain di sekitar rumah kita.

b. Naikkan gaji jika performa kerjanya memuaskan

c. Berperilakulah yang ramah dan anggap PRT anda bagian dari keluarga anda

d. Bertindak tegaslah sebagai majikan, seperti menegur jika ada perlakuan yang tidak seharusnya dan pemecatan jika diperlukan dengan pesangon secukupnya. Hal ini agar tidak ditiru oleh PRT lainnya yang bekerja dengan anda.

e. Jangan memforsir PRT anda, biar bagaimanapun, PRT anda adalah manusia

f. Berikan THR saat lebaran, dan jika kerjanya bagus, anda dapat memberikannya bonus yang sesuai.

 

Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel