149 Kamis, 26 Juni 2014 | 03:09:26

Ditinggal Pembantu Mudik? Jangan Bingung!

ditinggal-pembantu-mudik-jangan-bingungTM5 Properties

Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa. Biasanya yang langsung terpikirkan oleh para ibu rumah tangga, selain hari raya Idul Fitri yang disibuki oleh para tamu yang berdatangan, adalah mudiknya asisten rumah tangga.

Momen lebaran bisa jadi satu-satunya kesempatan mereka untuk bertemu dengan anak, suami, istri, keluarga, serta sanak saudara mereka di kampung halaman. Jadi tidak mungkin, kan, anda tidak memperbolehkan pembantu anda mudik saat hari raya? Satu-satunya kendala yang anda pikirkan nanti pastinya adalah pekerjaan rumah tangga yang tiba-tiba harus anda kerjakan sendiri. Repot? Tentu saja. Tapi anda tidak perlu panik.
Peluang Properti telah merangkum beberapa solusi yang dapat anda lakukan agar pekerjaan rumah tangga terasa lebih ringan dan praktis selama pembantu anda mudik ke kampung. Semoga bermanfaat, ya!

Bagi-bagi Tugas dengan Keluarga
Sebagai yang paling tahu pekerjaan rumah tangga dan tingkat kesulitannya, ayo mulai adakan diskusi keluarga dan bagi-bagi tugas membersihkan dan membereskan rumah dengan anak dan suami anda. Mulailah diskusi ini sebelum pembantu anda mudik ke kampung, agar ketika hari H nya sudah tiba, anda sekeluarga tidak perlu kebingungan lagi soal siapa mengerjakan apa. Serahkan tugas-tugas ringan seperti mengelap kaca dan membereskan ruang tamu kepada anak-anak. Jika sudah cukup dewasa, anda juga bisa juga meminta mereka membantu anda memasak sesekali.
Sementara anda, sebagai ibu rumah tangga mencuci pakaian, menyetrika, memasak dan mencuci piring, berikan suami anda tugas yang sifatnya mekanis atau membutuhkan tenaga ekstra. Misalnya membersihkan kamar mandi, bak cuci piring, membuang sampah, mencuci mobil dan menyiram tanaman.

Gunakan Jasa Laundry Kiloan
Jika anda sudah terlalu repot untuk mengurus keperluan menjelang lebaran, belum lagi persiapan kue-kue kering yang biasa anda masak sendiri, rasanya untuk mencuci pakaian, walau dengan mesin cuci, terasa sangat berat. Pakaian kotor yang menumpuk atau pakaian bersih yang masih kusut dan belum disetrika bisa membuat rumah anda terlihat berantakan dan tidak terurus. Tidak usah bingung, walaupun ada dana ekstra yang harus anda keluarkan, ini sebanding dengan tenaga yang anda hemat untuk mencuci dan menyetrika tumpukan baju satu keluarga. Kumpulkan baju-baju kotor maksimal satu minggu, lalu antarkan ke tempat laundry. Pakaian bersih, harum, dan siap untuk dipakai tanpa harus repot.

Tidak Usah Masak, Telfon Saja!
Biasanya, jatah libur di hari raya yang diberikan kantor untuk hari raya selama satu sampai satu minggu. Jika suami anda sudah harus masuk kerja, anak-anak sudah harus sekolah, namum pembantu anda belum bisa kembali karena alasan transportasi yang penuh, maka anda akan menghadapi hari-hari dimana anda harus mengerjakan semua pekerjaan rumah sendiri. Biasanya untuk mengurus rumah saja, waktu yang terbuang sudah cukup banyak, belum lagi untuk urusan baju yang menggunung dan lain sebagainya. Rasanya waktu untuk memasak sudah tidak ada lagi. Dengan memasak, cucian piringpun akan semakin banyak, dan semuanya akan terasa menjadi semakin berat.
Tidak ada salahnya sambil menunggu pembantu anda pulang, anda dan keluarga makan di luar rumah. Jika malas, anda bisa telfon masakan siap antar ke rumah anda. Selain praktis, waktu yang terbuang untuk menyiapkan makanan dapat anda gunakan untuk mengerjakan yang lain. Untuk lebih berhemat, anda bisa menggunakan layanan katering untuk satu atau dua minggu agar harganya lebih murah.

Sewa Infal
Jika ternyata pekerjaan rumah anda terlalu sulit untuk dikerjakan sendiri dan keluarga anda sulit untuk diajak bekerja sama, maka solusi terakhir adalah dengan menyewa jasa pembantu infal. Jenis pembantu ini biasanya dibayar harian, mulai dari Rp. 80 ribu hingga 150 ribu, semuanya tergantung dari banyaknya tugas yang diberikan.
Pembantu infal biasanya disalurkan oleh yayasan, dan biasanya, menjelang hari raya, permintaan pembantu infal akan membludak. Jadi sebaiknya anda telah mempersiapkan dana yang cukup dan memesannya dari jauh-jauh hari agar masih kebagian, seperti sebulan sebelum hari H.


Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel