1667 Senin, 23 Juni 2014 | 12:58:42

Cara Pelihara Ikan Hias Air Tawar

cara-pelihara-ikan-hias-air-tawarGoogle Image

Peluang Properti sebelumnya telah membahas cara pemeliharaan dan perawatan akuarium ikan laut. Nah, sekarang saatnya kita membahas cara pemeliharaan dan perawatan akuarium ikan air tawar! Dibandingkan dengan perawatan akuarium laut, akuarium air tawar terbilang lebih praktis dan mudah.

Jenis ikan hias air tawar tertentu dapat hidup dalam jangka waktu yang panjang jika mendapatkan perawatan yang baik. Maka sebelum mulai untuk memelihara ika air tawar, pastikan anda memiliki komitmen panjang. Berikut adalah langkah-langkah yang anda perlu perhatikan sebelum memelihara ikan hias.

1. Carilah sebanyak-banyaknya informasi yang bisa anda dapatkan sebelum membeli ikan hias air tawar. Bergantunglah pada faktor-faktor berikut ini:
- Seberapa besar ikan tersebut dapat tumbuh. Ini akan mempengaruhi ukurran akuarium yang nantinya harus anda gunakan. Pastikan ukuran akuarium sesuai dan cukup untuk menampung besar ikan ketika sudah dewasa.
- Cari tahu tentang suhu air, rentang PH, dan lain-lain yang dibutuhkan oleh jenis ikan yang hendak anda beli.
- Makanan jenis apa yang dimakan oleh ikan yang hendak anda beli.
- Sifat-sifat jenis ikan, terutama jika digabungkan dengan ikan henis lainnya. Faktor-faktor ini perlu diperhatikan, banyak penggemar ikan yang melewatkan faktor ini sehingga harus berhadapan dengan ikan peliharaan yang mati karena berkelahi.
- Apakah jenis ikan yang akan anda pelihara mampu berkembang biak dengan cepat? Jika iya, pastikan anda memiliki perlengkapan yang diperlukan saat ikan mulai berkembang biak.
- Cari tahu apakah jenis ikan yang akan anda beli rentan pada kondisi dan penyakit tertentu agar anda dapat lebih mudah dalam mengantisipasinya.

2. Lebih baik anda membeli akuarium sebesar mungkin yang dapat anda beli dengan dana yang telah anda siapkan. Sesuaikan juga akuarium dengan besar kecilnya ruangan rumah anda. Akuarium yang lebih besar biasanya membuat air dalam akuarium lebih stabil. Sebagai contoh, apabila pemanas suhu rusak dan toko-toko perlengkapan ikan sudah tutup, suhu air akan lebih bertahan lama pada air di akuarium yang lebih besar.

3. Jika anda ingin membudidayakan ikan hias, pelajari tentang siklus nitrogen. Mempelajari siklus nitrogen akan membantu keberhasilan anda dalam memelihara ikan hias air tawar.

4. Pelajari peralatan akuarium yang anda beli atau perlu beli, mulai dari pipa udara, sampai ke lampu hias pada akuarium.

5. Jika anda merupakan pribadi yang senang membaca, belilah buku-buku tentang ikan hias dan pelajarilah dengan cermat. Membaca merupakan cara paling praktis untuk mendapatkan informasi baru dan yang anda butuhkan untuk memelihara ikan hias air tawar. Berlangganan majalah khusus ikan hias air tawar juga merupakan pilihan yang bagus, agar anda dapat lebih update dalam dunia pembudidayaan ikan hias air tawar. Cari lainnya, anda dapat bertanya langsung pada pakar/penjual ikan hias.

6. Belilah hiasan akuarium dimana ikan hias anda dapat bersembunyi. Ini diperlukan untuk kondisi psikis ikan hias. Adanya tempat untuk bersembunyi akan menurunkan level stress ikan. Anda dapat membelinya di toko perlengkapan akuarium atau toko ikan hias.

7. Belilah test kit untuk memonitor siklus nitrogen pada air di dalam akuarium. Test kit ini juga dapat digunakan untuk menguji kadar ammonia, nitrat, nitrit, dan pH. Jika anda menggunakan air ledeng atau PAM, anda juga harus mengujinya terlebih dahulu sebelum air digunakan untuk ikan anda.

8. Hindari peletakkan akuarium di jendela. Cahaya matahari akan menyebabkan suhu air di dalam akuarium meningkat. Terkena cahaya matahari secara terus menerus juga akan menyebabkan terjadinya ledakan ganggang hijau di dalam akuarium.

9. Walaupun aturan yang beredar adalah menggunakan 1 galon air untuk 1 inci ikan hias, jangan ikuti aturan itu. Untuk berjaga-jaga dan untuk lebih aman dan baiknya, gunakan 2-3 galon air untuk 1 inci ikan hias.

10. Sebelum memasukkan air ledeng ke dalam akuarium, terlebih dahulu lakukan deklorinasi. Jika anda masih bingung, tanyakan kepada penjual ikan hias atau pakar ikan hias terdekat.

11. Untuk filter akuarium, pilih dan belilah yang memiliki beberapa cartridge, agar kejernihan air dapat terus terjaga dan anda dapat langsung mengganti salah satu cartridge tersebut jika sudah kotor.

12. Saat anda menguras air akuarium atau hendak membersihkan filter, jangan gunakan air ledeng. Kandungan klorin dan kloramin didalam air ledeng akan membunuh bakteri penghilang nitrit dan nitrat pada filter. Untuk membersihkannya, gunakanlah air akuarium yang sudah anda saring terlebih dahulu.

 

Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel