1340 Jum'at, 20 Juni 2014 | 01:29:40

Tips Merawat dan Bersihkan Akuarium Air Laut

tips-merawat-dan-bersihkan-akuarium-air-lautPlants for Aquarium

Memelihara dan merawat ikan laut hias memang lebih rumit dan sulit jika dibandingkan dengan akuarium air tawar. Salah sedikit dalam perawatan dan penanganan, ikan hias yang notabene mahal harganya itu bisa mati. Belum lagi biaya pembuatan akuarium yang tidak kalah tingginya.

Walaupun begitu, perawatan yang rumit dan harga yang selangit itu sesuai dengan keindahan yang didapatkan dari memiliki akuarium air laut di rumah anda. Jika anda ingin akuarium air laut anda bertahan lama, anda harus tahu cara yang tepat untuk merawat dan membersihkannya.

Peluang Properti telah merangkum beberapa tips dan trik dari untuk menjaga agar akuarium air laut anda tetap sehat dan indah. Berikut ulasannya.

Suhu
Ikan air laut sangat sensitif dengan suhu. Maka dari itu, anda harus memastikan agar temperature  dalam akuarium selalu berada di antara 23 dan 28 derajat Celsius. Ikan air laut hidup di antara dua suhu tersebut.

Derajat keasinan
Ikan air laut, sesuai dengan habitatnya di laut, memerlukan derajat keasinan yang tepat untuk dapat hidup sehat. Untuk itu, anda harus memastikan bahwa jumlah garam yang larut dalam air sesuai. Skala ini dihitup dalam bagian 1.000 unit air. Derajat keasinan air laut sekitar 34 hingga 37 bagian per 1.000 unit air. Agar lebih pasti, mintalah bantuan jasa pakar akuarium, karena akuarium anda harus sebisa mungkin mendekati ukuran terebut. Jika anda merasa repot untuk memanggil pakar akuarium, anda dapat membeli alat pengukur derajak keasinan seperti refraktometer atau hidrometer. Alat tersebut dapat anda beli di hampir setiap toko suplai kebutuhan hewan peliharaan atau toko khusus ikan hias.

Derajat Keasaman (PH)
Selain suhu dan derajat keasinan, anda juga perlu memperhatikan PH atau derajat keasaman dari air akuarium anda. PH adalah ukuran jumlah asam atau alkali dalam air. Anda dapat mengukur derajat keasaman akuarium anda dengan menggunakan pengukur PH yang dapat dibeli di toko suplai ikan hias. Pastikan air dalam tanki memiliki tingkat PH yang sesuai.

Setelah “lulus” dalam kelas cara merawat akuarium ikan laut anda, sekarang anda dapat melanjutkan ke kelas cara membersihkannya. Membersihkan akuarium ikan laut juga tidak bisa sembarangan. Berikut adalah ulasannya.

Pindahkan Material
Anda dapat memulai dengan memindahkan material seperti hiasan akuarium ke dalam wadah seperti ember. Pastikan wadah anda cukup besar untuk menampung material ini sepertiga dari keseluruhan wadah.

Bersihkan Material
Guyur material tadi dengan air tawar, lalu aduk. Gunakan alat bantu seperti tongkat untuk menghindari bagian tubuh yang terluka karena kemungkinan adanya benda tajam di dalam pasir laut.

Penjernihan
Ketika anda mengaduk material tadi, akan bermunculan pasir yang mengambang di permukaan. Buang air berikut pasir mengembang tadi dari wadah dan ulangi proses ini beberapa kali sampai air material tadi terlihat jernih.

Keringkan Material
Untuk proses pengeringannya, anda dapat menyebar material-material tadi di area datar. Proses ini dapat diulangi sampai semua material yang ada di akuarium bersih dari kotoran.

Bersihkan Kaca Akuarium
Saat akuarium sudah kosong dan sudah kering, anda dapat mulai untuk membersihkan dinding kaca akuarium anda dengan menggunakan lap atau koran.

Isi Ulang
Setelah semua proses membersihkan di atas selesai, anda dapat mengisi ulang akuarium anda dengan air laut yang baru.

Lakukan Secara Rutin
Tidak perlu sering, tapi ketika air akuarium anda mulai terlihat tidak jernih dan muncul aroma tidak sedap, anda dapat melakukan cara ini. Jika akuarium anda tidak terlalu kotor, anda dapat cukup menyedot seperempat airnya dan menggantinya dengan air laut yang baru. Semoga informasi ini membantu!


Sumber: Animal Planet

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel