204 Senin, 16 Juni 2014 | 12:24:26

Kenali Hama di Rumah Anda

kenali-hama-di-rumah-anda

Jika Anda merasa terganggu dengan hama-hama yang hidup di rumah Anda, Anda bisa memulai hidup bersih agar terhindar dari hama tersebut. Karena hama-hama tersebut lebih senang tinggal di tempat yang kotor. Menurut Upik Kesumawati Hadi, Unit Kajian Pengendalian Hama Permukiman (UKPHP) Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), ada beberapa jenis hama yang biasa hidup di pemukiman bersama-sama dengan manusia, misalnya saja tikus, kecoa, nyamuk, semut, rayap, dan lain sebagainya.


Kenali hama di lingkungan rumah Anda karena bisa saja mereka berbahaya bagi kesehatan atau mengganggu aktivitas yang dilakukan di rumah. Menurut Upik, ada beberapa hama yang bisa membahayakan manusia, berikut penjelasnnya.


Nyamuk
Hama ini memang menakutkan bagi kebanyakan orang karena berbagai penyakit bahaya bisa timbul akibat gigitan nyamuk ini. Misalnya saja penyakit demam berdarah, malaria, chikungunya, filariais yang menjadi penyebab kaki gajah, culex dan demam kuning. Bahkan di Indonesia sendiri ada 457 jenis nyamuk. Untuk itu biasakan hidup bersih agar terhindar dari hama ini.


Semut
Nyatanya tak hanya nyamuk yang bisa menimbulkan banyak penyakit pada manusia, semut pun bisa menjadi vector penyakit yang perlu dihindari. Selain itu, kehadiran semut-smut berkoloni akan mengganggu aktivitas Anda di rumah.


Tikus
Kerugian yang ditimbulkan oleh hama pengerat ini cukup banyak. Di antaranya merusak bahan makanan serta perabotan yang ada di rumah Anda dengan selera makan tikus yang sangat besar. Hal ini tentu saja merugikan. Selain itu, banyak pula penyakit yang bisa ditularkan akibat hama ini, seperti tipus, pes, dan leptospirosis. Anda bisa menggunakan lem tikus dengan meletakkan umpan di sepanjang dinding untuk mengusirnya. Anda juga jangan sampai memasang umpan di tempat yang sama untuk kedua kali.


Kecoa
Hama ini lebih senang berativitas pada malam hari, siang hari ia lebih banyak sembunyi. Kecoa juga merupakan hama pengganggu yang ada di sekelilling rumah Anda. Hati-hati dengan serangga ini karena kecoa merupakan patogen penyebar penyakit mulai dari protozoa, bakteri, virus, dan cacing.


Lalat
Hama ini memang sangat mengganggu, terlebih ketika Anda sedang memasak makanan dengan bau yang bisa mengundang lalat. Nyatanya serangga ini bisa menularkan berbagai macam penyakit, seperti disentri, cacingan, kolera, salmonelosis, polio, trachoma, dan hepatitis.


Rayap
Serangga ini perlu dihindari keberadaannya karena kalau tidak bisa mengancam furnitur-furnitur yang ada di rumah Anda, terlebih furnitur yang berbahan dasar kayu. Tak hanya perabot rumah tangga, ia juga senang sekali merusak koleksi buku milik Anda. Anda perlu wasapada jika rumah Ada sudah mulai terlihat kotoran atau jejak tanah, hal itu menunjukkan kalau rumah Anda terkena hama rayap.


Sumber: Housing Estate.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel