151 Senin, 09 Juni 2014 | 01:00:08

Bagaimana Merawat "Si Vintage" Lantai Kayu?

bagaimana-merawat-si-vintage-lantai-kayu

Parket atau lantai kayu kini menjadi pilihan menarik untuk hunian Anda. Biasanya dipadukan dengan properti bertema vintage lainnya. Banyak manfaat jika Anda menggunakan lantai kayu ini, di antaranya udara sejuk walaupun cuaca di luar panas, terlihat indah dan anggun, hygienic atau nonalergi, serta nyaman.

 
Karena berbahan dasar kayu, perawatan lantai parket ini tidak hanya asal. Perawatan lantai parket dilakukan secara intensif dibanding lantai ubin biasa. Perawatan lantai parket bisa Anda pelajari dari petunjuk khusus oleh wood specialist  yang direkomendasikan oleh pabrik lantai kayu. Namun, berikut ini tips mudah bagaimana merawat lantai parket agar tidak gampang rusak:


Biasakan Menyapu Lantai Setiap Hari
Agar terhindar dari debu, permukaan parket harus dibiasakan untuk disapu. Gunakan sapu yang bulunya lembut agar lantai parket tidak mengalami goresan. Setelah disapu, pakailah lap kering agar sisa-sisa debu terangkat secara merata.


Jangan Biarkan Lembap
Jika lantai parket kayu ini dibiarkan terkena basah atau lembap dalam jangka waktu yang lama, maka tidak diragukan lagi lantai kayu akan mudah lapuk. Hindari mengepel lantai dengan lap basah agar air tidak terkurung di lapisan plywood.


Pembersihan Noda yang Menempel
Jika terdapat noda atau kotoran pada lantai parket, bersihkan noda  segera dengan lap kering. Setelah itu gunakan cairan khusus pembersih lantai parket, agar permukaannya tidak bernoda. Untuk noda yang sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan air perasan lemon atau belimbing wuluh.


Gunakan Karpet
Untuk menghindari banyaknya goresan yang bisa saja terjadi kapan pun, Anda bisa mensiasatinya dengan memakai karpet untuk menutupi lantai parket dari ancaman noda maupun goresan. Selain itu, meletakkan karpet dengan komposisi yang pas, akan memperindah desain ruangan Anda.


Merawat Parket dengan Proses Steam
Tips lain untuk merawat lantai parket agar penampilannya tetap terjaga, yaitu dengan melakukan proses steam setiap enam bulan sekali. Hal ini dilakukan agar warna dan kebersihan parket tetap seperti baru.

Sumber: Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel