291 Sabtu, 07 Juni 2014 | 12:17:20

Cara Tepat Rawat Kaktus Hias

cara-tepat-rawat-kaktus-hiasAdjie Kaktus

Kaktus merupakan salah satu dari banyak macam tanaman hias yang paling banyak digemari. Karena bentuknya yang imut, ini memungkin anda untuk meletakkannya baik di taman atau di dalam ruangan anda. Belum lagi cara merawatnya yang tergolong sangat mudah jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya.

Bagi para penggemar tanaman hias yang masih di tingkat pemula, memelihara kaktus merupakan pilihan yang tidak hanya tepat, tetapi juga menarik. Kaktus memiliki banyak jenis, tapi cara perawatan untuk masing-masing jenisnya tergolong sama. Peluang Properti akan membocorkan sedikit tips tentang cara tepat merawat kaktus hias.

Pertama-tama, anda harus tahu dulu sifat kaktus. Kaktus sangat menyukai sinar matahari, karena dihabitat aslinya, gurun pasir, kaktus mendapat banyak asupan sinar matahari. Sirkulasi udara juga harus baik, jangan letakkan kaktus ditempat yang lembab dan pengap karena kaktus mempunyai daging yang tebal. Jika diberi terlalu banyak air, kaktus akan cepat busuk dan bisa mati.

Kedua, saat akan menanam kaktus, ada dua hal yang harus anda cermati, yaitu bibit dan cara menanam. Bibit dapat didapat dari bibit atau anak tunas dari kaktus yang sudah anda. Anda dapat membelinya di toko tanaman hias. Bibit ini ditanam langsung ke dalam tanah atau di dalam pot.

Hal ketiga yang harus anda perhatikan adalah tempat. Jika anda memilih untuk meletakkannya didalam ruangan, paling tidak 3 hari sekali anda harus membawanya keluar untuk di angin-anginkan agar tidak lembab dan mati.

Keempat. Ingat, walapun kaktus sangat menyukai sinar matahari, jangan biarkan kaktus terkena sinar matahari langsung. Karena jika dibiarkan terlalu lama, ujungnya akan berubah warna karena terbakar.

Yang kelima adalah wadah. Jika anda memutuskan untuk menanamnya di dalam pot, gunakan wadah dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kaktusnya.

Tips keenam adalah cara penyiraman. Penyiraman kaktus berbeda dari penyiraman tanaman hias lainnya. Biasanya kaktus disiram dengan cara disemprot menggunakan botol spray khusus agar kaktus tidak terlalu lembab. Penyiraman dilakukan pada pagi atau sore hari.

Cara terbaik merawat kaktus adalah dengan memberinya pupuk secara rutin. Dengan begitu, kaktus akan berkembang dengan lebih baik lagi. Namun, pupuk kaktus tidak sama dengan pupuk tanaman lainnya. Kaktus hanya bisa menggunakan pupuk organik. Anda dapat membelinya di toko tanaman hias.

Nah, setelah dijelaskan, terlihat kan kalau merawat kaktus itu sangat mudah? Bahkan beberapa jenis kaktus akan tumbuh sendiri tanpa perlu perawatan khusus. Jika anda suka berkebun dan ini adalah kali pertama anda, kaktus bisa jadi pilihan yang tepat.

 

Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel