121 Senin, 02 Juni 2014 | 03:17:04

Yuk Cegah Kebocoran Pada Atap!

yuk-cegah-kebocoran-pada-atap

Atap merupakan bagian yang terkena paparan sinar matahari langsung. Ini menjadi salah satu alasan dibalik rentannya atap dari kerusakan. Salah satu tanda dari kerusakan atap adalah bocor. Umumnya atap yang bocor erat kaitnya dengan pemilihan ataupun pemasangan genting pada atap. Beda masalah beda pula cara menanganinya. Berikut beberapa penyebab kerusakan pada genting dan cara mengatasinya.

Berbeda jenis Genting
Penggunaan kembali genting lama merupakan salah satu cara untuk menekan anggaran. Ini tidak akan menjadi masalah bilamana genting yang tersebut masih beredar di pasaran. Namun bila tidak, akali dengan menggunakan material serat kasa seukuran dengan bidang genting dan diolesi dengan waterproofing.

Rancangan
Rancangan menjadi salah satu dasar utama pada atap. Kemiringan ideal pada atap berkisar 30-40 derajat. Bila tidak, saat hujan turun, dipastikan air akan masuk melalui celah-celah kecil di atap rumah. Ini yang dinamakan dengan kebocoran. Pengunaan alumunium foil, plastik tebal ataupun karpet yang dipasang tepat di bawah genteng dan di atas reng hanya merupakan solusi sementara.

Untuk menghentikan kebocoran, disarankan untuk merenovasi atap dengan mengubah sudut kemiringan tersebut sesuai dengan syarat ideal serta memilih atap yang tahan bocor.

Pemasangan
Pemasangan genting yang tidak sesuai dapat menyebabkan rongga pada atap sehingga saat hujan, air bisa menyelinap masuk melalui rongga tersebut. Disarankan untuk memilih tukang yang sudah berpengalaman dalam memasang genting.

Genting juga dapat bergeser karena kucing ataupun angin besar. Bila hal ini terjadi, segera betulkan posisi genteng agar tidak berpotensi menimbulkan kebocoran.

Sumber : Peluang Properti

 

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel