147 Sabtu, 17 Mei 2014 | 12:24:56

Tips Amankan Kamar Mandi dari Si Kecil

tips-amankan-kamar-mandi-dari-si-kecil

Kamar mandi merupakan salah satu bagian penting di dalam rumah. Seperti halnya bagian lainnya di dalam rumah, kamar mandi juga juga harus selalu dijaga kebersihan dan kerapiannya. Apalagi bila Anda memiliki anak yang masih berusia balita.  Faktor keamanan menjadi hal yang juga harus diperhatikan.

Julie Kim, kontributor Houzz, bersama dengan para tenaga profesional pengamanan khusus bayi di rumah asal Los Angeles, Amerika Serikat, Anne Marie Radel (Safer-Baby) dan Linette Palmer (Family First), membagi tips untuk mengamankan kamar mandi dari Si kecil.

Stop kontak
Kim menyarankan untuk menutup semua stop kontak di kamar mandi.  Peralatan elektronikseperti pengering rambut, pengeriting rambut, dan cukuran elektrik juga harus selalu disimpan. Laci merupakan tempat menyimpan yang cukup aman .

Pengunci toilet
Balita pada umumnya suka bermain apalagi dengan air. Menurut Radel, anak-anak di bawah dua tahun bisa meraih air di dalam "mangkuk" toilet. Sementara, anak-anak yang berumur lebih dari dua tahun biasanya senang bermain dengan guyuran toilet.  Belilah pengunci toilet di toko perkakas rumah tangga untuk mengamankan si kecil dari hal yang tidak diinginkan terjadi.

Pemanas air
Disarankan untuk menurunkan suhu pemanas air sampai 48,9 derajat Celcius. Ini untuk mengantisipasi kalau-kalau si kecil masuk dan menyalakan kran pemanas  air tersebut.

Karpet khusus anti selip
Karpet ini wajib disediakan di kamar mandi. Karpet ini bertujuan untuk memperkecil resiko Si kecill terpeleset di kamar mandi.

Pemilihan perlengkapan kamar mandi
Perlengkapan kamar mandi seperti keramik ,  bak mandi, wastafel, toilet maupun keran kamar mandi haruslah mempertimbangkan unsur keamanan Si Kecil.  Perhatikan bahwa perlengkapan tersebut haruslah yang mempunyai ujung yang tumpul. Selain itu lakukan pemeriksaan rutin pada permukaannya sehingga dapat mudah diketahui bila ada pecahan atau ujung-ujung tajam yang ada di sekitarnya.

Simpan peralatan dengan benar
Sama halnya dengan peralatan elektronik, Anda juga harus menjauhkan benda-benda seperti obat-obatan, sabun atau larutan pembersih kamar mandi, dan keperluan perawatan tubuh untuk orang dewasa dari Si  Kecil. Simpanlah di tempat yang mudah Anda raih namun tidak terjangkau Si kecil.

Awasi Si Kecil
Ini aturan penting bagi para orangtua. Jangan meninggalkan anak sendirian dalam kamar mandi. Selalu temani dan awasi mereka saat berada di kamar mandi.

Sumber :  Houzz

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel