944 Sabtu, 10 Mei 2014 | 03:45:35

7 Manfaat Gunakan Bahan Ramah Lingkungan

7-manfaat-gunakan-bahan-ramah-lingkungan

Saat kehidupan anda menjadi lebih sibuk, jadwal yang menumpuk, dan stress yang kian menjadi, mudah sekali untuk tergiur menggunakan produk pembersih rumah yang menjadikan pekerjaan rumah anda lebih praktis. Butuh pembersih kamar mandi? Anda akan mengambil satu botol berisi cairan warna-warni yang menjanjikan kebersihan yang sempurna. Tapi apakah anda pernah berpikir bahan kimia apa saja yang terkadung didalamnya?


Anda harus menyisihkan waktu anda untuk memikirkannya lebih matang. Kebanyakan dari produk-produk itu mengandung bahan kimia yang keras, yang dapat berbahaya bagi kesehatan anda dan keluarga anda. Saat orang-orang telah berpikir ulang tentang bahaya apa yang mereka bawa kedalam rumah mereka, mereka akan mencari solusi yang lebih ramah lingkungan.
 Dua pakar kita, Leslie Reichert, penulis buku “Joy of Green Cleaning”, dan Sara Snow, penulis buku “Snow’s Fresh Living”, akan berbagi alasa kenapa orang-orang harus mengganti produk pembersih mereka dengan yang ramah lingkungan.

Rumah yang Lebih Sehat
Jika anda memilih bahan ramah lingkungan, “Tidak akan lagi ada bahan-bahan kimia yang berbahaya jika terhirup atau mengenai permukaan kulit anda,” kata Reichert. Manfaat kesehatan akan terasa di keluarga anda, karena mereka tidak lagi menghirup udara yang telah tercampur bahan-bahan kimia yang berbahaya tadi.
Riset telah menunjukkan bahwa penggunaan spray pembersih, walaupun dalam jumlah yang sangat sedikit tiap minggunya, dapat meningkatkan resiko penyakit asma. Snow mengatakan bahwa penggunaan bahan-bahan pembersih yang ramah lingkungan dapat mencegah hal tersebut untuk terjadi, karena “penyakit kronis sangat marak belakangan ini, dan membuat banyak absensi yang kosong di sekolah-sekolah karena banyak murid yang mengidap penyakit tersebut.”

Lingkungan yang Sehat
Saat anda menggunakan produk-produk dengan bahan yang tidak ramah lingkungan, “bahan-bahan kimia berbahaya akan terlepas diudara dan mencemar lingkungan sekitar anda,” ujar Reichert. Tidak baik bagi anda dan orang-orang disekitar anda untuk menghirup udara yang telah tercemar.
Menggantinya dengan bahan yang ramah lingkungan “membantu mengurangi polusi air dan udara pada ozon kita, dan akan memperlambat perubahan iklim akibat global warming karena penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya,” tambah Snow. Banyak bahan yang ramah lingkungan juga menggunakan kemasan yang ramah lingkungan, yang akan membantu kita untuk mengurangi limbah dan sampah rumah tangga.

Produk yang Lebih Aman
Produk-produk yang mengandung bahan tidak ramah lingkungan memiliki resiko tinggi jika berinteraksi dengan kulit dan mata. Sementara produk yang berbahan ramah lingkungan tidak memliki sifat korosif yang dapat merusak jaringan pernapasan maupun rusaknya sel jaringan kulit.

Kuliatas Udara yang Baik
Seperti kebanyakan orang, Snow tidak tahan dengan wangi parfum buatan yang menyengat. Banyak dari pembersih berbahan ramah lingkungan yang menawarkan wewangian natural. Reichert bahkan menggunakan produk pembersih ramah lingkungan ini sebagai “aromaterapi”nya.

Lebih Murah
“Untuk pembersih ruangan, cuka, minyak zaitun, jus lemon, daln lain-lain, semua bisa anda gunakan untuk membersihkan perabotan anda, dan semuanya jauh lebih murah daripada membeli produk berbahan kimia.” Ujar Snow. Mengapa anda pergi dan membeli produk mahal jika semuanya bisa anda dapatkan di dapur anda?
Investasi bahan pembersih ramah lingkungan juga sangat menguntungkan. “Harga pembersih ruangan berbahan ramah lingkungan belakangan ini sangat kompetitif, tapi menurut saya seimbang karena dengan penggunaan pembersih berbahan ramah lingkungan, angka pegawai yang sakit dan kebakaran karena bahan kimia juga berkurang.” Tambahnya.

Antibakteri yang Lebih Sedikit
Apakah anda benar-benar perlu menggunakan produk yang berlabel “antibakteri”? “Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) telah menegaskan bahwa penggunaan sabun antibakteri tidak jauh lebih baik dari penggunaan sabun biasa, dan Asosiasi Obat-obatan Amerka (AMA) mengatakan bahwa pemakaian sabun anti bakteri yang terlalu sering dan membuat bakteri-bakteri tersebut imun pada antibiotik.” Ujar Snow. “Triclosan, bahan antibakteri yang paling sering digunakan pada sabun, akan merusak system hormon dan tiroid anda. Kebanyakan produk berbahan ramah lingkungan tidak mengandung bahan antibakteri.”

Wawasan yang Lebih Luas tentang Bahan yang Digunakan
Peraturan pemerintah tidak mengharuskan bahan-bahan kimia yang digunakan untuk produksi dicantumkan semua didalam sebuah kemasan produk pembersih. Ini adalah alasan lain mengapa Reichert sangat menyarankan anda untuk membuat produk pembersih anda sendiri dirumah, “jadi anda tahu betul bahan-bahan apa yang anda gunakan untuk membersihkan rumah anda.”

Kekhawatiran akan gangguan kesehatan telah meningkat dan orang-orang menjadi lebih waspada akan efek yang timbul dari penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya pada produk pembersih, mereka akan pindah-haluan ke produk-produk yang lebih ramah lingkungan serta cara-cara yang ramah lingkungan untuk membersihkan rumah mereka. Selain dari pendapat para pakar, manfaatnya penggunaan produk ramah lingkungan juga telah terbukti.


Sumber: Care.com

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel