175 Sabtu, 10 Mei 2014 | 02:05:57

Wawancara Dulu Calon ART Anda!

wawancara-dulu-calon-art-anda

Sebelum memperkerjakan asisten rumah tangga (ART) dirumah anda, anda harus selalu melakukan wawancara agar anda dapat lebih cermat memilih ART yang cocok untuk anda. Tapi pertanyaan apa yang harus anda ajukan? Apa catatan-catatan penting yang harus anda ingat? Apa yang harus anda waspadai? Kadang-kadang hal ini dapat sangat memusingkan.

Dengan bantuan Melissa Homer, Officer di MaidPro, Amy Olson, direktur marketing di The Maids International, dan Carolyn Stolov, penulis artikel keluarga di Care.com, kami telah mengumpulkan 7 hal yang harus anda tanyakan saat ingin menyewa saja ART, yang pastinya akan membantu anda untuk menentukan orang yang tepat untuk membantu anda dirumah.

Kebutuhan Anda
Jangan wawancara calon ART anda dan berekspektasi bahwa mereka akan dsecara otomatis tahu apa yang harus mereka lakukan dirumah anda. Pikirkan ini. Dimana anda ingin ART anda bersih-bersih? Apakah anda ingin ART anda untuk mengatur dapur, membereskan kamar bermain anak, membereskan tempat tidur, membersihkan kamar mandi? Jika anda tidak mempunyai rencana yang matang, anda tidak akan mendapatkan ART yang tepat dibidangnya. Pastikan anda tahu ART seperti apa yang anda cari, gunakan checklist jika diperlukan.
Pastikan bahwa calon ART anda dapat melakukan semua yang anda perlukan. Jika anda sering menghadapi masalah seperti kulkas yang lengket atau bekas sabun di kamar mandi, tanyakan bagaimana cara mereka mengatasinya.

Kualifikasi
Calon ART akan menjawab pertanyaan anda dengan kesan bahwa mereka dapat melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan. Tapi anda tetap harus melihat profil mereka dengan teliti untuk melihat keahlian apa yang mereka miliki. Selama wawancara, tanyakan poin-poin penting seara detil, mungkin calon ART anda sering membersihkan apartemen kecil, sementara rumah yang anda miliki sangat luas.

Pengalaman
Tentu saja, pengalaman kerja itu sangat penting, tapi ini bukanlah segalanya. Seseorang yang baru memulai pekerjaan sebagai ART belum tentu tidak lebih bagus dari yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun. Tapi anda harus pastikan bahwa mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Pertanyaan yang bisa anda ajukan termasuk:
Pernahkah anda membersihkan rumah atau apartemen sebesar ini?
Sudah berapa lama anda berkerja?
Apa yang membedakan anda dari ART lainnya?

Sebagai tambahan, pastikan calon ART anda familiar dengar cara membersihkan macam-macam bahan lantai untuk rumah. “Banyak runah yang menggunakan bahan dasar granit, marbel, atau baja ringan untuk lantai, yang akan rusak jika tidak ditangani dengan baik.” Ujar Homer. “Sebelum memperkerjakan seorang ART, pastikan mereka tahu macam-macam bahan lantai dan cara penanganannya, tanyakan bagaimana cara mereka membersihkannya. Jika ada ingin menguji calon ART anda, tanyakan bagaimana cara mereka untuk mencegah adanya jamur dan kuman dirumah anda. Pastikan hanya barang-barang pembersih yang benar-benar bersih yang digunakan untuk menghindari tersebarnya kuman dan penyakit.”
 
Jadwal
Waktu adalah segalanya, dan untuk memilih ART yang tepat, perhitungan waktu adalah segalanya. Bicarakan tentang jadwal anda saat wawancara dan pastikan dia tersedia saat anda membutuhkannya. Apakah jadwalnya fleksibel jika anda perlu mengubahnya sewaktu-waktu?

Alat Pembersih
Tentukan siapa yang bertanggung jawab untuk alat-alat pembersih. Jika anda lebih memilih untuk menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, pastikan calon ART anda tahu produk apa yang anda inginkan. “Biasanya, majikanlah yang menanggung biaya untuk alat-alat pembersih” ujar Olson. “Tanyakan produk apa yang akan digunakan dan apakah mereka lebih cocok menggunakan bahan-bahan kimia yang keras atau yang ramah lingkungan. Tanyakan bagaimana mereka menggunakannya.”

Bayaran
“Budget saya sejumlah….” Ketahui berapa jumlah yang dapat anda bayar sebelum memutuskan untuk memperkerjakan ART. Seperti yang telah dikatakan oleh Stolov, “Ini perlu didiskusikan saat wawancara, jadi mereka juga tahu kemampuan anda membayar mereka. Berapa harga yang anda tawarkan dan apa pekerjaan yang harus mereka kerjakan?”

Referensi dan Latar Belakang
Wawancara adalah saat yang tepat untuk menanyakan tentang latar belakang dan referensi. Jika nama perumahan tempatnya berkerja dulu dan nama majikannya benar adanya, anda dapat pastikan bahwa sebagian besar yang ia katakan tentang latar belakangnya adalah benar.

Pertanyaan Lainnya
Stolov menyarankan untuk menambahkan pertanyaan-pertanyaan berikut dalam wawancara anda:
Apa pujian yang pernah anda dapatkan dari majikan anda dulu?
“Apa yang anda lakukan setelah mendapat pujian?”
“Apa yang paling anda suka dari menjadi ART?”
“Apa produk pembersih favorit anda?”
“What was the most recent feedback positive or constructive you received from one of your clients?”
“Bagaimana anda menggambarkan ketentuan dasar dalam bersih-bersih rumah?”
“Bagaimana anda menggambarkan cara kerja anda?”
“Apa pendapat keluarga yang dulu memperkerjakan anda tentang anda?”
“Kenapa anda menyukai pekerjaan ini?”

Ingatlah, andalah yang memperkerjakan. Jika anda tidak 100% senang dengan hasil wawancara, lanjutkanlah ke kandidat yang lain. Jangan berhenti sampai anda merasa puas dan merasa telah menemukan orang yang tepat untuk membersihkan rumah anda dengan baik dan benar.


Sumber: Care.com

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel