12 Sabtu, 05 April 2014 | 10:48:11

Furnitur dari Bambu Jauh dari Rayap!

furnitur-dari-bambu-jauh-dari-rayap

Furniture berbahan bambu banyak digemari orang. Tampilannya yang alami membuat tampilan rumah lebih segar. Untuk memasang furnitur berbahan bambu diperlukan trik khusus. Jika perawatannya tidak tepat, furnitur dan material bambu Anda dapat digerogoti rayap dan lumut. Berikut tips cegah rayap pada bambu agar lebih awet.

1. Hindari bambu dari paparan sinar matahari langsung juga air hujan. Bambu yang memiliki sensitifitas tinggi pada perbahan suhu dapat mudah retak. Serat batang bambu yang lurus dapat menyebabkan keretakan menjalar ke seluruh batang bambu.

2. Sebaiknya material bambu tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Hal ini dapat menyebabkan bambu manjadi jamuran yang pada akhirnya dapat mengurangi kekuatan dan tampilan bambu.

3. Lapisi bambu dengan cairian finishing sebagai proteksi permukaan bambu. Pelapis dapat menghindari air atau hujam meresap ke dalam batang bambu.

4. Ganti zat glukosa pada batang bambu dengan cairan asam (acid) yang tidak disukai rayap. Anda dapat merendam bambu ke dalam lumpur sungai atau pantai yang memiliki kadar garam tinggi. Namun apabila tempat tinggal Anda jauh dari sungai atau pantai, dapat merendamnya ke dalam minyak tanah atau oli bekas. Alternatif lain adalah dengan metode borax-boric acid , yaitu metode kolam perendaman, vertical soak diffusion (VSD) atau penggunaan injeksi pada tiap batang bambu.

5. Keringkan bambu yang telah diaweti di luar ruangan. Pengeringan di luar ruangan dilakukan untuk mendapatkan aliran udara alami. Namun, tetap jahuhi bambu dari paparan sinar matahari langsung. Proses ini dapat memakan waktu 2 minggu bergantung dari cuaca saat itu.

Setelah bambu kering, batang bambu dapat digunakan untuk konstruksi atau funitur.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel