118 Kamis, 03 April 2014 | 03:52:42

Rumah Wangi dan Bebas Serangga

rumah-wangi-dan-bebas-serangga

Mengharumkan ruangan tak hanya memakai produk pengharum buatan yang sering diiklankan di televisi. Kebanyakan harga pengharum ruangan tersebut cukup mahal. Walaupun ada juga dijual dengan harga ekonomis, wanginya tak tahan lama. Berikut ada beberapa tips bagi Anda yang ingin menciptakan ruangan wangi alami tanpa harus mengeluarkan kocek terlalu dalam. Ruangan Anda pun tak hanya wangi, namun bebas dari serangga.

Anda hanya cukup menggunakan daun pandan wangi dan daun sirih. Kedua daun tersebut ternyata berkhasiat untuk mengusir serangga, terutama kecoak dan semut.

Daun pandan wangi
Anda bisa memakai daun pandan wangi ini pada kamar mandi. Aroma yang tak sedap kerap kali dihasilkan oleh ruangan tersebut. Setidaknya, dengan daun pandan wangi akan menetralisirnya. Simak caranya sebagai berikut:

1. Iris tipis 3-5 lembar daun pandan wangi.

2. Masukkan irisan pandan ke mangkuk atau wadah yang terbuka.

3. Letakkan wadah di atas kloset, rak, atau ambalan yang ada di area kering.

Wangi daun pandan akan menyebar di kamar mandi. Untuk kamar mandi kecil, maksimal 5m2, cukup diletakkan satu wadah.

Namun, jika ruangan cukup luas, letakkan dua atau tiga wadah di tempat-tempat berjauhan. Wangi pandan akan bertahan tiga hari sampai seminggu. Gantilah dengan irisan yang baru jika wangi sudah tak lagi tercium.

Daun sirih
Anda bisa memakai daun sirih sebagai pengharum. Seperti kita ketahui daun ini banyak khasiatnya, salah satunya bisa sebagai pengusir semut. Bagaimana caranya?

1. Letakkan beberapa lembar daun sirih di tempat yang sering diserbu oleh semut. Misalnya, area dekat penyimpanan gula atau bumbu dapur lainnya.

2. Biarkan semalam. Semut pun bubar, tak terlihat lagi.

3. Jika sirih layu, Anda dapat menggantinya dengan yang segar.

Memang, aroma daun sirih  yang agak "keset" itu tak disukai kawanan semut. Dapur pun bersih dan wangi. (Sinar Putri)

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel