71 Selasa, 01 April 2014 | 11:16:15

Bersihkan Furnitur Kayu Anda!

bersihkan-furnitur-kayu-anda

Furnitur kayu masih menjadi pilihan utama untuk menghias rumah. Namun, iklim tropis dan tingkat kelembapan yang tinggi kerap membuat furnitur kayu kotor, baik oleh debu atau jamur. Untuk membersihkan furnitur kayu dan membuatnya terlihat seperti baru, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

Periksa Furnitur
Mulailah dengan memeriksa bagian furnitur, apakah ada bagian yang rusak, lapuk, atau dimakan rayap. Jika tak ada yang rusak, maka proses pembersihan bisa dimulai.

Bersihkan
Campur air dengan sabun pencuci piring dalam ember, kemudian gunakan spons untuk mengelap seluruh bagian furnitur. Pastikan untuk memeras spons dengan sempurna agar kayu tidak terlalu basah. Bersihkan seluruh permukaan kayu dan jangan biarkan basah terlalu lama. Bersihkan hingga cairan benar-benar kering.

Jika Anda ingin melihat furnitur lebih bersih, cobalah menggunakan thinner (pengencer cat) yang aman untuk pelapis kayu. Tetapi untuk mengujinya, Anda dapat terlebih dahulu menyeka bagian furnitur yang tersembunyi dengan bola kapas yang telah dibasahi thinner. Jika tak ada hal yang mencurigakan, bersihkan seluruh permukaan furnitur dengan kain bersih yang telah dibasahi thinner.

Dalam banyak kasus, thinner mampu membersihkan kotoran yang membandel. Tetapi perlu diingat, thinner memiliki aroma yang menusuk hidung, sehingga Anda harus mengerjakan pembersihan di ruangan berventilasi baik atau di luar ruangan.

Untuk membersihkan sisa-sisa residu thinner, kembali bersihkan seluruh permukaan furnitur dengan lap basah.

Beri Pelapis
Untuk mempercantik tampilan furnitur, Anda perlu melapisi permukaannya dengan coating seperti pernis atau pelitur. Jika ingin hasilnya lebih sempurna, Anda dapat menambahkan lilin (wax) khusus kayu. Oleskan lilin di permukaan furnitur dengan kain kasa. Setelah itu, seka dengan kain bersih.

Catatan Penting
Selalu gunakan kain lembut untuk membersihkan debu di permukaan furnitur kayu. Jangan gunakan kemoceng, terutama yang terbuat dari bulu ayam, karena tidak efektif dan memiliki bagian tajam yang dapat menggores permukaan kayu.

Anto Erawan
Sumber : Rumah



📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel