49 Selasa, 01 April 2014 | 11:03:26

Saatnya Bersih-Bersih Rumah

saatnya-bersih-bersih-rumah

Pusing melihat kondisi rumah yang seperti 'kapal pecah'? Mengapa Anda tidak mencoba membereskan satu persatu kekacauan tersebut?. Dengan begitu rumah pun akan semakin nyaman untuk ditinggali. Lalu apa saja yang biasanya perlu dibereskan atau dibersihkan? Sebenarnya, banyak hal yang perlu disebutkan. Tapi kita akan membahas beberapa hal saja. Apa saja? Simak tipsnya

Membersihkan kulkas
Kulkas yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan memang mengundang banyak bakteri. Akibatnya jika jarang dibersihkan kulkaspun akan berbau. Anda bisa menghilangkan bau di kulkas dengan menyelipkan beberapa lembar kertas koran di kulkas.

Remukkan kertas koran seperti bola kecil, kemudian tempatkan disisi samping bagian dalam kulkas, dan laci-laci kulkas. Dan jangan lupa, ganti koran secara rutin yaitu minimal seminggu sekali.

Membersihkan oven
Oven seringkali digunakan untuk memanaskan makanan. Tumpahan minyak dan makanan di dalam oven akan menyebabkan permukaan dasar oven menjadi lembab. Cara membersihkannya bongkar semua unit oven Anda agar pembersihannya dapat maksimal.

Bersihkan tumpahan minyak di dalam oven dengan menggunakan kain yang lembab. Setelah itu, cuci bagian liner (tatakan) dalam oven dengan bersih menggunakan sabun untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Membersihkan bathub
Bathub di kamar mandi memang harus sering dibersihkan untuk mencegah timbulnya jamur. Namun, yang harus Anda ingat, jangan sekali-sekali menggunakan bahan kimia untuk membersihkan bathub karena dapat merusak saluran pipa yang ada di dalam bathub.

Anda cukup mencampurkan soda kue dan setengah cangkir cuka putih. Bersihkan seluruh permukaan bathub dan bilas dengan air mendidih. Anda juga bisa menggunakan soda kue dan cuka putih ini untuk membersihkan saluran air di dapur.

Membersihkan kompor
Kompor merupakan salah satu perabotan yang rutin digunakan setiap hari. Tumpahan minyak saat menggoreng, atau tumpahan adonan masakan lama kelamaan membuat kompor menjadi kotor. Permukaan kompor biasanya rentan tergores jika digosok terlalu keras.

Bagaimana cara membersihkannya? Siapkan sebuah kain lap yang lembut dan celupkan di dalam air hangat. Rendam kain selama 10 menit dalam air hangat, kemudian gosok kotoran yang menempel pada kompor. Yang harus Anda ingat, membersihkan kompor juga tidak disarankan menggunakan pembersih kimia. Karena kebanyakan pembersih kimia biasanya mengandung zat pengikis yang berbahaya. (wdi)

Membersihkan shower
Langkah pertama saat membersihkan shower adalah membilas ubin, lantai dan tembok dimana shower berada dengan menggunakan air panas selama beberapa menit. Hal ini bukan hanya akan membersihkan bagian luar, tetapi panasnya juga akan meresap sampai ke pori-pori dari bagian permukaan sehingga memudahkan untuk pembersihan selanjutnya.

Tidak sulit untuk mempelajari cara membersihkan kepala pancuran: hanya dengan merendamnya di dalam ember dengan campuran cuka atau deterjen selama beberapa jam, dan gosok kotorannya. Jika kepala shower menempel di tembok, Anda bisa mengisi plastik yang bisa ditutup dengan cuka dan ikat dengan selotip ke kepala shower, biarkan terendam beberapa saat sebelum memindahkan plastik dan membilasnya.

Membersihkan mesin cuci
Sisa sabun cuci dan kotoran yang menumpuk di dalam tabung mesin cuci jika terus dibiarkan akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Agar tak bau, bersihkanlah tabung mesin cuci Anda dengan mencampurkan air panas dan pemutih.

Anda tak perlu capek-capek menyikatnya, cukup dengan menghidupkan mesin layaknya mencuci biasa, kotoran dalam tabung mesin akan terlepas. Kemudian gunakan kan desinfektan untuk menghapus jamur di titik rawan, seperti di karet pada tutup pengering. Yang harus diingat, keringkan mesin cuci tiap kali habis digunakan.

Memandikan hewan peliharaan
Tak hanya rumah, hewan peliharaan Anda pun harus dijaga kebersihannya. Karena kalau tidak dibersihkan kotorannya tentu akan mengotori rumah. Sikat hewan peliharaan seminggu sekali, kemudian keringakan bulunya dengan menggunakan mesin pengering. Dan jangan lupa mmembersihkan bulu-bulu anjing atau kucing yang menempel pada sofa.

Membersihkan lantai
Agar lantai rumah tetap terjaga kebersihannya, buatlah kesepakatan dengan semua anggota keluarga Anda agar tidak menggunakan sepatu di dalam rumah. Karena, bisa Anda bayangkan betapa kotornya jutaan kuman dan bakteri yang menempel di sepatu dan dibawa masuk kedalam rumah.

Menyediakan tempat sepatu di pinggir pintu keluar merupakan cara yang ampuh untuk menerapkan kebijakan ini. Atau jika Anda ingin lebih bersih, sediakan tisu disamping rak sepatu yang digunakan untuk membersihkan sepatu jika telah selesai digunakan.

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel