51 Senin, 24 Maret 2014 | 08:37:25

Tips Jitu Hilangkan Debu dari Layar Kaca

tips-jitu-hilangkan-debu-dari-layar-kaca

Philo Farnsworth dan Charles Francis Jenkins mungkin tidak pernah membayangkan televisi hasil kreasinya akan begitu penting bagi peradaban dunia. Kini, televisi sudah berevolusi jauh dari cikal-bakalnya. Tidak hanya menjadi gaya hidup, bagi sebagian orang, televisi bahkan sudah menjelma menjadi kebutuhan. Setiap akhir pekan, televisi akan sangat berguna untuk menemani pemiliknya beristirahat sembari melihat idola dan jagoan mereka beradu peran. Sayangnya, kenyamanan ini bisa terganggu karena kotoran di layar televisi. Jika hal tersebut juga menimpa Anda, gunakan cara mudah berikut ini untuk menghilangkan kotoran di permukaan televisi.

Sebelum mulai membersihkan televisi, jangan lupa memadamkannya dengan cara melepaskan televisi dari sumber listrik. Kemudian, perhatikan betul jenis televisi Anda. Berbeda jenis, berbeda pula cara menanganinya. Ini Tipsnya.

Pertama-tama, jika televisi Anda berjenis "tabung" klasik, Anda bisa bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih kaca bebas amonia. Semprotkan cairan pembersih tersebut pada permukaan tisu dapur (paper towel) atau penyaring kopi, kemudian seka layar televisi hingga sidik jari dan kotoran hilang.

Kedua, hilangkan kotoran di permukaan televisi LCD dengan kain bebas serat (lint-free cloth) yang lembut. Televisi dengan layar LCD sangat rentan terhadap goresan. Seka dengan lembut satu arah hingga debu hilang dari permukaan televisi.

Hindari penggunaan cairan pembersih kaca dan tisu dapur. Keduanya bisa merusak layar. Tisu dapur bahkan bisa meninggalkan goresan pada permukaan layar televisi.

Ketiga, untuk televisi plasma, Anda hanya perlu menggunakan kain bebas serat atau kain serat mikro (micro fibre) untuk membersihkan permukaannya. Jika benar-benar kotor, Anda bisa menggunakan kain yang sedikit lembab untuk membersihkannya.
 

Editor    : Hilda B Alexander
Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel