64 Senin, 17 Maret 2014 | 09:24:41

Cara Mudah Menghemat Air

cara-mudah-menghemat-air

Cuaca, bahkan musim, kini sudah sulit diprediksi. Tingginya curah hujan di beberapa titik daerah di Indonesia sangat kontras dengan kekeringan yang terjadi di titik-titik lain dalam waktu bersamaan. Sebelum terlambat, tidak ada salahnya menghemat penggunaan air di rumah Anda. Berikut ini beberapa cara menghemat air yang disampaikan oleh Julie Kim, kontributor Houzz, desainer, dan seorang ibu.

Pertama-tama, Kim mengajak Anda mengurangi jumlah air untuk menyiram tanaman. Dia mengutip Ria Gonzalez, Perwakilan Departemen Pekerjaan Publik Los Angeles . Menurut Gonzalez, cara paling efektif untuk menghemat penggunaan air di rumah adalah mengurangi frekuensi Anda menyiram tanaman.

Cobalah menyiram tanaman sebelum sinar matahari menerangi seluruh kota. Anda bisa menyiram tanaman di malam hari atau sebelum pukul 6.00 pagi. Selain itu, gunakan air secukupnya.

Strategi ini membuat air yang Anda gunakan untuk menyiram tidak menguap karena terik matahari. Selain itu, menyiram dengan air secukupnya pun membuat tanaman mendapatkan asupan yang cukup, tidak terlalu banyak yang justru menyebabkan kebusukan.

Kedua, periksa adanya kerusakaan atau mampat pada kepala selang dan semprotan air otomatis (water sprinkler). Setelah yakin tidak ada kerusakan, arahkan semprotan langsung ke tanaman. Hindari mengarahkan ke teras atau area parkir. Cukup arahkan pada bagian yang penting.

Ketiga, periksa juga kerusakan atau kebocoran yang ada pada kamar mandi dan wastafel. Membiarkan kebocoran kecil hanya menunda dan menumpuk masalah. Selesaikan masalah-masalah kecil tersebut sesegera mungkin. Kim mengungkapkan, kebocoran pada toilet bisa berujung pada terbuangnya 757 liter air per hari.

Keempat, gunakan alat-alat hemat air. Sekarang ini sudah tersedia mesin cuci hemat air, kepala selang dan water sprinkler hemat air, serta kendali cerdas irigasi untuk tanaman di kebun Anda. Gunakan alat-alat ini untuk menghemat penggunaan air.

Kelima, tukar tanaman di pekarangan Anda dengan tanaman-tanaman yang hanya sedikit membutuhkan air.

Editor                : Hilda B Alexander
Sumber             : Kompas
Sumber Gambar : Houzz

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel