251 Selasa, 18 Maret 2014 | 04:21:55

Cara Bebas Kuman dari Hewan Peliharaan

cara-bebas-kuman-dari-hewan-peliharaan

Senangnya saat pulang ke rumah ada hewan peliharaan yang menyambut di rumah. Rasa lelah seharian seakan sirna dengan tingkah menggemaskan kucing, anjing, atau marmut. Saking dekatnya dengan hewan peliharaan kebiasaan menggendong, mencium bahkan tidur bersama menjadi hal biasa. Tapi tahukah, kedekatan Anda dan keluarga terhadap hewan peliharaan bisa berbahaya bagi kesehatan Anda sekeluarga?

Kucing, anjing dan burung dan hewan pengerat adalah hewan peliharaan yang rentan terinfeksi kuman penyakit. Selain itu, hewan peliharaan dapat menularkan penyakit ke manusia. Penularan penyakit dari hewan peliharaan ke manusia tidak hanya lewat kontak langsung, namun juga dari udara, air, tanah, dan kotoran. Maka, menjaga kebersihan diri, lingkungan dan hewan peliharaan merupakan hal yang wajib dilakukan agar Anda sekeluarga tidak terserang penyakit yang berasal dari hewan peliharaan. Berikut, cara ampuh untuk mengurangi kuman yang berasal dari hewan peliharaan Anda:    

1. Membersihkan rumah secara teratur minimal satu minggu sekali. Hewan peliharaan yang masuk ke dalam area rumah membuat kotoran atau bulu menyebar ke dalam rumah. Bersihkan lantai dengan cairan yang mengandung desinfektan. Jika kucing atau anjing Anda sering duduk di sofa atau tempat tidur, bersihkan tempat-tempat tersebut dengan vacuum cleaner.

2. Membersihkan kandang hewan peliharaan secara teratur seminggu sekali. Lakukan lebih sering ketika memasuki musim hujan karena udara lebih lembab dan rentan terhadap pertumbuhan jamur dan bakteri. Kenakan sarung tangan dan masker saat membersihkan kandang agar kuman tidak masuk ke tubuh Anda.

3.  Memandikan hewan peliharaan seminggu sekali. Ini dilakukan agar kuman di bulu serta bagian tubuh lainnya tidak berkembang.

4. Jangan mencium hewan peliharaan. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya perpindahan bakteri dari hewan peliharaan ke Anda. Risiko terkena penyakit radang jaringan mulut meningkat. Selain itu, hewan peliharaan juga berperan dalam penyebaran bakteri berbahaya MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus) yang biasa terdapat di mulut dan hidung mereka (livingscience.com dalam artikel Pets Might Pack Deadly Human Bacteria).

5. Cuci tangan sesudah bermain dengan hewan peliharaan. Menjaga kebersihan diri sendiri itu wajib agar kuman yang ada di tangan tidak berpindah ke hewan peliharaan. Perhatikanlah sabun cuci tangan yang Anda sekeluarga gunakan. Pilih yang ampuh membunuh kuman seperti, yang mengandung bahan antibakteri alami namun tetap lembut di tangan.

6. Rutin memeriksa hewan ke dokter hewan 6 bulan hingga 1 tahun sekali. Selain untuk memeriksa kesehatan hewan peliharaan juga untuk memberikan vaksin, misalnya memberikan vaksin rabies kepada anjing peliharaan.

Sumber : Femina


📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel