155 Selasa, 11 Maret 2014 | 04:54:47

Funitur Kayu, Perhatikan Pengawetannya!

funitur-kayu-perhatikan-pengawetannya

Kayu merupakan salah satu elemen yang paling sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan funitur seperti meja, kursi, atau tempat tidur. Perawatan funitur berbahan kayu , susah-susah gampang. Permasalahannya terletak pada bahan kayu yang tak tahan dengan serangan Organisme Penyerang Kayu (OPK). Sinar ultraviolet, kelembapan ruangan yang tinggi, serta jamur dapat menjadi pemicu rusaknya funitur berbahan kayu yang Anda miliki. Funitur Anda mungkin akan mudah, berubah warna permukaan, bentuk serta terjadi pelapukan.

Maka dari itu, pengawetan pada funitur berbahan kayu  penting untuk dilakukan. Pengawetan pada dasarnya terdiri dari dua; pengawetan dari dalam dan pengawetan dari luar. Pengawetan dari dalam ini sangat bergantung pada berat jenis kayu. Kayu dengan berat jenis yang tinggi, umumnya lebih kuat, misalnya damar laut, bangkirai dan kayu ulin. Sementara sebaliknya, kayu dengan berat jenis rendah, lebih rentan rusak.

Pengawetan dari luar dilakukan dengan cara melapisi kayu dengan zat tertentu atau yang biasa dikenal dengan istilah coating . Coating sendiri terdiri dari beberapa jenis, seperti celar coating, solid coating  dan Lasur system. Clear coating  tidak mengandung transpran pigmen dan UV Absober, jadi hanya cocok digunakan untuk melapisi kayu yang berada pada bagian dalam rumah (interior). Untuk bagian eksterior, coating yang dilakukan harus memiliki daya penetrasi tinggi, fleksibel, tahan UV, tahan hujan dan air, besifat permeable , sun blocking,  antijamur, tetap transparan, serta dipoles merata sehingga tidak ada bercak.

Sumber  : Ideaonline
Properti  : Hunian Marissa Haque

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel