227 Selasa, 11 Maret 2014 | 04:17:17

Mengusir Lembab di Kamar Mandi Sempit

mengusir-lembab-di-kamar-mandi-sempit

Kamar mandi mungil dengan posisinya yang terjepit di tengah-tengah rumah, membuat sistem pengudaraan di dalamnya tidak berjalan maksimal. Akibatnya, kamar mandi terasa lembab dan panas. Model kamar mandi seperti ini banyak ditemukan di kota-kota besar. Bagi Anda yang mengalaminya, salah satu solusi bisa dilakukan adalah dengan memasang exhaust fan di langit-langit ruangan ini. Dengan exhaust fan, udara di kamar mandi akan bergerak atau berputar.

Anda bisa memasang exhaust fan pada plafon dan menggabungkannya dengan penggunaan jalusi pada pintu. Jalusi dapat memasukkan udara ke dalam kamar mandi, terutama ketika exhaust fan dinyalakan.

Agar hasilnya optimal, pasang exhaust fan pada plafon yang berseberangan dengan pintu agar udara dapat berputar di kamar mandi. Sirip-sirip pintu jalusi sebaiknya dibuat miring ke arah atas, bukan ke arah bawah, agar angin dingin dapat masuk dari arah bawah.

Selain exhauts fan, Anda juga bisa menggunakan buangan AC untuk mengurangi lembab akibat air. AC ini adalah AC yang digunakan untuk kamar tidur yang letaknya bersebelahan dengan kamar mandi.

Anda juga bisa membuat semacam cerobong di atap kamar mandi. Letakkan blower AC di salah satu sisi cerobong, sedangkan di sisi seberangnya terdapat lubang ventilasi dari bilah-bilah kayu. Pada siang hari, atau saat AC tidak dinyalakan, lubang ini berguna untuk mengalirkan udara ke dalam kamar mandi.

Cara lainnya, Anda bisa mengurangi pemakaian air. Usahakan menggunakan shower, bukan bak mandi. Selain mengurangi kelembaban, menggunakan shower ketika mandi juga dapat menghemat air. (Irfan Hidayat/Rivanie Novalia)

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel