42 Selasa, 04 Maret 2014 | 01:40:35

Tips Menata Isi Kulkas

tips-menata-isi-kulkas

Kulkas atau lemari es memang digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar bisa tahan lama dan kualitasnya terjaga. Namun, setiap bahan makanan mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Maka, Anda pun harus memperhatikan penataan bahan-bahan makanan di dalam kulkas agar tak mudah busuk.

Pintu kulkas:
- Simpan minuman, sirup, susu cair dan telur. Pada kulit telur terdapat bakteri Salmonella Enteridis, maka itu, cucilah telur sebelum dimasukkan ke kulkas, agar bakterinya tak tersebar ke makanan lain.

Lantai 1 (paling bawah):
- Jika baru akan diolah dalam waktu yang lama, letakkan daging mentah, ikan dan daging unggas dalam wadah tertutup rapat di sini. Tujuannya agar tak terjadi kontaminasi silang. Umumnya, daging, terutama unggas akan mengeluarkan cairan. Bila diletakkan dibagian paling atas, makanan di bawahnya berpotensi tercemar tetesan cairan tersebut.
- Bila akan diolah dalam waktu dekat, sebaiknya letakkan di chiller (biasanya berwarna transparan dan terletak di antara freezer dan refrigerator).

Lantai 2
- Untuk menyimpan sayuran. Pastikan sayur dalam keadaan bersih dan kering sebelum disimpan. Karena air sisa mencuci bisa mempercepat proses pembusukan.
- Agar lebih awet, bungkuslah sayuran dengan kertas bersih, bukan dengan kertas bekas atau koran!
- Hindari menyimpan sayuran dalam keadaan sudah dipotong-potong, karena justru membuatnya tak tahan lama.

Lantai 3
- Untuk menyimpan buah. Letakkan di dalam wadah berventilasi.
- Jangan menyimpan apel di dekat sayuran, karena apel memproduksi ethylene, yang bisa membuat sayur menjadi cepat busuk.
- Hindari menyimpan buah-buahan dan sayuran busuk karena mereka memancarkan gas yang dapat meningkatkan oksidasi.
- Tak semua buah bisa dimasukkan. Pisang, kiwi, tomat dan manggis tak tahan dengan kondisi dingin dan harus disimpan di tempat yang sejuk atau memiliki suhu kamar.
- Pisahkan antara buah yang kualitasnya masih baik dengan yang sudah agak rusak.

Lantai 4
- Letakkan berbagai macam bahan manakan siap santap di sini. Contohnya bermacam makanan olahan kemasan seperti keju, sosis, susu UHT, brownies, minuman kemasan dan sebagainya.
- Bungkus kembali keju dengan alumunium foil agar tak terjangkit bakteri dan mampu bertahan hingga 3 sampai 4 bulan sejak tanggal pembelian.
- Tempat ini juga bisa digunakan untuk menyimpan sisa makanan. Namun harus dimasukkan dahulu ke dalam wadah tertutup.  Makanan yang telah berada disuhu ruangan lebih dari 2 jam sebaiknya jangan disimpan, karena sudah terkontaminasi oleh bermacam bakteri di sekitarnya.

Evaporator
- Merupakan tempat pembuatan batu es yang terdapat di dalam kulkas. Makanan yang memiliki banyak kandungan air seperti buah dan sayuran dilarang dimasukkan ke sana, karena akan mudah busuk. Juga jangan meletakan botol kaca berisi air, karena bisa pecah ketika membeku.
- Pada kulkas 2 pintu, tempat ini terpisah. Anda bisa memasukkan berbagai makanan beku seperti, es krim, daging beku, sayuran beku, cokelat

Sumber : Ayahbunda

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel