161 Kamis, 27 Februari 2014 | 03:53:40

Mari Bersihkan Rumah Pasca Banjir

mari-bersihkan-rumah-pasca-banjir

Banjir merupakan ancaman bagi penduduk Ibu Kota seperti Jakarta. Setiap kali diguyur hujan deras, beberapa wilayah di Ibu Kota selalu kebanjiran. Jika sudah begini kerugian tidak hanya pada harta benda, namun kesehatan kita juga perlu dikhawatirkan. Membersihkan perabotan sehabis banjir memang pekerjaan yang melelahkan. Kotoran, sampah dan lumpur dimana-mana menumpuk di dalam rumah. Jika tidak langsung dibersihkan pastinya akan mengundang penyakit.

Membersihkan rumah pascabanjir haruslah dilakukan dengan benar. Misalnya, kasur yang sudah terendam banjir sebaiknya dibuang. Furnitur yang berbahan dasar kain lebih cepat terkontaminasi oleh kuman yang dibawa banjir. Jika Anda tetap ingin menggunakannya lagi, Anda harus membawanya ke laundry profesional untuk memastikan kuman yang ada di dalam kasur benar-benar hilang. Apalagi? Simak penjelasan berikut.

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika rumah Anda kebanjiran adalah menghubungi agen asuransi Anda. Buat catatan kerusakan yang ada di rumah, kemudia foto atau videokan sebagai bukti untuk klaim asuransi. Selain itu, sebelum membersihkan rumah, pastikan semua jendela dan ventilasi terbuka. Ini berguna untuk melancarkan sirkulasi udara dalam rumah.

Untuk membersihkan perabotan yang terendam lumpur, gunakan sekop untuk mengangkat lumpurnya. Setelah itu. tuang cairan deseinfektan atau deterjen untuk membersihkan permukaan perabot yang terkena lumpur. Kemudian tambahkan seperempat gelas pemutih pakaian dalam ember untuk membunuh kuman.

Membersihkan bagian dapur pun juga ada triknya. Peralatan dapur yang terbuat dari kaca, porselen, atau plastik sebaiknya direndam selama 10 menit dalam larutan deterjen yang telah dicampur pemutih pakaian. Bilas, kemudian keringkan dengan kain lembut. Sedangkan untuk perabotan dapur yang terbuat dari perak dan logam seperti panci dan wajan, cara membersihkannya adalah dengan merebus selama 10 menit dalam air mendidih. Khusus untuk perabot ini, Anda jangan menggunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan kuman. Kandungan klorin yang ada dalam pemutih pakaian dapat menyebabkan panci Anda menjadi hitam.

Membersihkan furnitur seperti karpet, selimut dan pakaian yang terendam banjir juga tidak bisa sembarangan. Jika banjir telah merendam karpet dalam waktu yang lama, sebaiknya karpet ini jangan digunakan kembali karena akan berdampak bagi kesehatan Anda nantinya.

Saat mencuci karpet, sebaiknya gunakan masker untuk melindungi kuman yang ada dalam karpet masuk ke pernapasan. Cara membersihkan karpet adalah dengan menggantungkan karpet di jemuran, dan siram dengan air semua permukaannya. Gunakan deterjen untuk membersihkan kuman, setelah itu gosok-gosok permukaan karpet dengan menggunakan sikat. Kemudian bilas dengan menambahkan larutan pemutih atau klorin untuk menghilangkan jamur dan bau.

Untuk furnitur berbahan kayu seperti mebel, jika terendam air biasanya masih bisa digunakan kembali. Tapi untuk furnitur yang berbahan kayu veneer sebaiknya dibuang saja, karena ongkos perbaikannya jauh lebih mahal dengan harga membelinya.

Untuk mainan anak dan boneka yang terbuat dari kain sebaiknya juga harus dibuang jika sudah terkontaminasi banjir. Namun untuk foto, buku, dan surat-surat penting masih dapat Anda simpan jika sudah dibersihkan. Keringkan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak surat-surat berharga Anda.

Selanjutnya yaitu membersihkan langit-langit dan dinding rumah. Gunakan spons basah untuk membersihkan kotoran yang menempel. Untuk bagian vital seperti sistem listrik, sebaiknya dimatikan dan diperbaiki hingga dinyatakan aman oleh teknisi listrik. Stop kontak, lampu, dan semua hal yang berhubungan dengan listrik harus dinyatakan aman dan bersih dari kotoran.

Untuk membersihkan perabotan elektronik seperti TV , radio, mesin cuci, harus segera dibersihkan dari endapan lumpur dan kotoran. Ada baiknya Anda meminta bantuan teknisi listrik untuk mengecek perabotan elektronik ini aman dan masih dapat digunakan kembali. Ini dilakukan untuk menghindari sengatan listrik, karena lumpur atau kotoran yang mengendap pada perabotan elektronik dapat mengganggu sistemnya bekerja.

Membersihkan lantai kayu juga ada triknya. Lantai kayu pada rumah harus dikeringkan secara bertahap, karena proses pengeringan yang mendadak bisa menyebabkan keretakan pada permukaan kayu. Jika memang ada yang harus diganti atau diperbaiki, pastikan lantai kayu Anda benar-benar kering terlebih dahulu.

Selain itu, cek atap Anda untuk mengetahui jika ada kebocoran. Jika ditemukan kebocoran, segera perbaiki agar kebocoran tidak makin lebar. Terakhir, cek saluran pembuangan limbah. Saluran ini penting di cek karena akan berpengaruh pada sanitasi di rumah Anda. Jika saluran pembuangan ini tidak berjalan dengan baik, akan menyebabkan makin berkembangnya virus dan bakteri dan kuman-kuman berbahaya masuk ke dalam saluran air dirumah Anda. (mut) (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel