287 Selasa, 11 Februari 2014 | 09:36:12

Sprinkler: Menyiram Tanaman Jadi Praktis

sprinkler-menyiram-tanaman-jadi-praktis

Keindahan tanaman bisa kita nikmati setiap saat, tentunya tanaman perlu dirawat dengan baik. Dengan perawatan dan kondisi yang baik, tanaman bisa dipertahankan seperti pada konsep awal. Memang perawatan tanaman gampang-gampang susah. Terlebih jika perawatannya menyangkut penyiraman. Penyiraman sangat dibutuhkan tanaman pada saat musim kemarau. Sementara, alat yang umumnya digunakan untuk penyiraman yaitu gayung dan ember dan selang. Namun kini telah ada alat mengatur penyiraman tanaman yaitu dengan sprinkler.

Alat ini dapat membantu Anda mengatur kapan dan berapa lama Anda harus menyiram. Terlebih jika Anda sering berpergian sehingga tidak waktu untuk menyiram tanaman kesanyangan. Sprinkler tidak harus digunakan pada taman besar saja namun untuk koleksi tanaman yang terbatas pun dapat menggunakan alat ini.

Memang penggunaan sprinkler dapat menjamin ketepatan waktu penyiraman, jumlah air dan keseragaman distribusi air di permukaan tanah secara terus-menerus selama produksi tanaman dengan masukan tenaga kerja rendah. Tentunya dapat memangkas biaya air yang digunakan untuk penyiraman.

Ada beberapa jenis sprinkler yang tersedia di pasaran. Pertama, jenis drip. Sprinkler jenis ini media penyiramannya dengan cara diteteskan. System ini dapat digunakan untuk tanaman dalam pot yang tidak butuh terlalu banyak air. Biasanya digunakan untuk nursery.   

Kedua, jenis pop-up yakni sprinkler yang hanya akan muncul saat dinyalakan. Bila tidak dinyalakan sprinkler jenis akan masuk ke dalam tanah. Ketiga, sprinkler jenis nozzle. Sprinkler ini dipasang diatas atau disela-sela tanaman. Biasanya digunakan untuk tanaman pot. Dan terakhir, sprinkler jenis sprinkler impact. Yakni sprinkler yang biasa digunakan untuk tanah lapang yang sangat luas. Sprinkler jenis ini tidak dapat disembunyikan dalam tanah dan radius penyemprotannya mencapai 12,5 meter dengan perputaran juga besar.

Haryanto
Sumber : Rumah123

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel