85 Jum'at, 07 Februari 2014 | 10:26:04

Agar Halaman Rumah Tak Becek di Musim Hujan

agar-halaman-rumah-tak-becek-di-musim-hujan

Ancaman yang datang di saat musim penghujan tak selalu datang dari atas, seperti atap yang bocor. Ancaman dari bawah seperti genangan air hingga banjir pun kerap terjadi. Lalu, bagaimana solusinya supaya tidak banyak genangan air yang pada akhirnya membuat halaman rumah menjadi becek?

Ada beberapa penyebab air hujan menggenang di halaman rumah. Bisa jadi karena air hujan tidak menemukan tempat untuk mengalir, atau sistem drainase di halaman rumah tidak bagus.

Langkah pertama, Anda harus cari tahu mengapa air tidak mengalir. Apakah posisi halaman tidak memiliki kemiringan yang tepat? Jika demikian, buatlah supaya posisi halaman Anda miring ke arah saluran pembuangan air (got). Jika tidak bisa, maka pasanglah pipa di permukaan halaman dan arahkan ke got.

Tips kedua, Anda harus menganalisa, mengapa air di halaman tidak dapat meresap ke tanah. Apakah tidak cukup banyak tanah terbuka akibat lantai diplester atau dipasangi keramik berlebihan di halaman? Solusinya, buatlah lubang biopori atau bak resapan, sehingga air dapat meresap ke dalam tanah di halaman.

Selanjutnya, jika halaman sudah tertutup tanah semua, tetapi air tetap menggenang, mungkin halaman Anda terlalu banyak mengandung tanah liat yang tidak dapat meresap air. Solusinya, belilah tanah humus untuk menyeimbangkan kandungan tanah liat. Lalu, Anda dapat menyebarkan batuan koral atau memasang rumput sintetis di atas tanah. Selain tidak becek, halaman pun memiliki nilai estetika.

Im Suryani
Sumber : Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel